Comscore Tracker

WNI dan Diaspora Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di PTRI Jenewa

Upacara sempat dilakukan terbatas karena pandemik

Jakarta, IDN Times - Setelah dua tahun lamanya memperingati HUT RI dengan pembatasan karena pandemik COVID-19, tahun ini PTRI Jenewa kembali menggelar upacara bendera dengan dihadiri para diaspora Indonesia dan WNI yang tinggal di Jenewa, Swiss.

“Semangat kemerdekaan dan kebersamaan harus terus dikobarkan dalam upaya kita untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat dari berbagai tantangan yang timbul dari pandemik COVID-19,” kata Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Febrian Ruddyard.

Selain diaspora, WNI dan juga jajaran staf PTRI Jenewa, upacara tahun ini juga diikuti oleh delegasi Komnas HAM RI yang sedang berada di Jenewa untuk menghadiri Dialog Konstruktif antara pemerintah Indonesia dengan Komite Hak Penyandang Disabilitas PBB.

1. PTRI Jenewa mengadakan serangkaian acara untuk HUT RI ke-77

WNI dan Diaspora Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di PTRI JenewaWatap RI untuk PBB di Jenewa, Febrian Ruddyard. (dok. PTRI Jenewa)

Upacara ini menjadi kegiatan pertama dari serangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan RI ke-77 di Jenewa.

“Syukur alhamdulillah, segenap staf PTRI Jenewa dan masyarakat Indonesia dapat kembali berkumpul dan bersilaturahim di PTRI Jenewa – di rumah Indonesia, untuk merayakan hari kemerdekaan kita secara khidmat,” ujar Febrian lagi.

Selain itu, pada hari ini, Sabtu (20/8/2022), PTRI Jenewa akan menyelenggarakan ajang Pesta Rakyat, mengundang seluruh warga negara Indonesia yang berada di Swiss untuk mengikuti berbagai perlombaan dan menyantap berbagai kekayaan kuliner Indonesia.

Baca Juga: 10 Fakta Kebaya yang Digunakan Puan Maharani saat HUT ke-77 RI

2. Resepsi diplomatik mengangkat budaya NTT

WNI dan Diaspora Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di PTRI JenewaSuasana upacara bendera HUT RI-77 di Jenewa. (dok. PTRI Jenewa)

Selanjutnya, pada 9 September 2022 mendatang, PTRI Jenewa juga akan menyelenggarakan resepsi diplomatik di Wisma Duta, dengan mengundang para Duta Besar dan pejabat korps diplomatik serta kepala organisasi internasional di Jenewa dan mitra kerja PTRI Jenewa lainnya.

Resepsi diplomatik tahun ini, menurut rencana, akan mengangkat tema kekayaan budaya Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTT.

3. Perjuangan Indonesia di forum-forum multilateral

WNI dan Diaspora Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di PTRI JenewaWatap RI untuk PBB di Jenewa, Swiss. (dok. PTRI Jenewa)

Seusai upacara peringatan HUT RI ke-77, Febrian kembali tegaskan komitmen diplomasi PTRI Jenewa untuk terus memperjuangkan yang terbaik bagi Indonesia di forum-forum multilateral.

“Mesin diplomasi Indonesia akan terus berusaha meraih yang terbaik untuk tanah air. PTRI Jenewa akan terus memastikan agar multilateralisme memberikan manfaat terbesar bagi rakyat Indonesia, khususnya di lini kesehatan, HAM, dan perdagangan internasional,” tegas dia.

Baca Juga: Greenpeace Sayangkan Jokowi Tak Singgung Krisis Iklim di Pidato HUT RI

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya