WNI dan Diaspora Indonesia Gembira Hadiri HUT RI di KBRI Wina 

Diadakan pula sejumlah perlombaan

Jakarta, IDN Times - Setelah hampir dua tahun terdampak oleh pandemik COVID-19, perwakilan tiga generasi WNI serta Diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia berkumpul kembali menghadiri rangkaian upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 di KBRI/PTRI Wina.

Sekitar 100 peserta yang terdiri dari staf KBRI/PTRI Wina dan keluarga, perwakilan-perwakilan mahasiswa di Austria dan Slovenia, kelompok agama Islam, Kristen dan Hindhu di Austria, profesional di organisasi internasional, serta para sesepuh WNI dan Diaspora di Austria menjadikan perayaan sebagai kegiatan upacara lintas generasi pertama setelah situasi pandemi membaik.

Acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan Aubade anak-anak staff KBRI/PTRI Wina dan masyarakat Indonesia di Wina dan sekitarnya serta ditayangkan secara langsung melalui kanal Youtube KBRI/PTRI Wina.

Baca Juga: SBY Hadiri Upacara Bendera HUT ke-77 RI di KBRI Kuala Lumpur 

1. Berbagai lomba memeriahkan HUT RI di Wina

WNI dan Diaspora Indonesia Gembira Hadiri HUT RI di KBRI Wina Duta Besar RI untuk Austria, Damos Dumoli Agusman. (dok. KBRI Wina)

Rangkaian kegiatan HUT RI ke-77 telah dimulai pada tanggal 14 Agustus 2022 dengan pertandingan bulutangkis dan tenis meja ganda putra dan putri yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta dan para pendukungnya.

“Alhamdulillah setelah hampir dua tahun karena pandemik kita tidak pernah bebas berkumpul dan bersukaria memperingati Hari Kemerdekaan RI, tahun ini kita berkumpul dan melihat antusiasme masyarakat Indonesia, baik sesepuh maupun masyarakat muda yang bahkan datang dari Slovenia yang jauh dari Wina, sehingga kita merasakan adanya euphoria yang baru,” kata Duta Besar RI untuk Wina, Damos Dumoli Agusman, dalam keterangan tertulis KBRI Wina yang diterima IDN Times, Kamis (18/8/2022).

“Ini menunjukkan adanya suasana pulih yang lebih cepat dan tentunya bangkit yang lebih kuat, yang kita rasakan hari ini. Kita berharap selanjutnya dapat terus berkumpul dengan suasana hati yang merdeka,” lanjut dia.

Baca Juga: Kepala Badan Otorita Pimpin Upacara HUT RI ke 77 di IKN Nusantara

2. WNI di Austria gembira bisa merayakan HUT RI secara luring

WNI dan Diaspora Indonesia Gembira Hadiri HUT RI di KBRI Wina Perayaan HUT RI ke-77 di Austria. (dok. KBRI Wina)

Mewakili WNI yang bekerja di Organisasi Internasional di Wina, Andi Ahmad Junirsah sampaikan bahwa adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang WNI untuk dapat mengikuti upacara HUT RI di KBRI di manapun mereka berada.

“Mudah-mudahan Bangsa Indonesia selalu kuat dan selalu bersatu,” ucap Andi.

Annisa Pikal Gondokusumo, perwakilan PPI Austria yang menjadi salah satu pasukan pengibar bendera, sampaikan perasaan senang dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada PPI Austria untuk dapat berpartisipasi mengibarkan bendera Merah Putih di Wina, Austria.

“Kedepannya generasi-generasi Paskibra selanjutnya agar terus bertambah sehingga Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar dia.

3. Sesepuh diaspora Indonesia di Austria juga hadir

WNI dan Diaspora Indonesia Gembira Hadiri HUT RI di KBRI Wina Perayaan HUT RI ke-77 di Austria. (dok. KBRI Wina)

Pada acara ramah tamah seusai upacara, telah dilakukan juga acara pemotongan tumpeng merah putih oleh Damos dan potongan pertama diberikan kepada Diaspora tertua di Austria, Hamonangan Pandjaitan yang telah berusia 92 tahun.

Walau sudah menjadi warga negara Austria dari perkawinan dan telah menetap di Wina hampir tujuh dasawarsa, Hamonangan tetap merasa bagian dari Indonesia dan bangga dapat hadir di acara pengibaran bendera HUT RI ke-77 kali ini.

Setelah rangkaian acara upacara bendera, Dubes RI beserta segenap staf KBRI/PTRI Wina melanjutkan dengan mengikuti secara daring acara Penurunan Bendera Merah Putih di Jakarta yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo. Perbedaan waktu lima jam mundur dari waktu Jakarta tidak menyurutkan semangat seluruh staf KBRI/PTRI Wina untuk ikut menyemarakkan HUT RI ke-77 agar Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Baca Juga: HUT ke-77 RI, Nadiem Makarim: Episode Merdeka Belajar Masih Banyak

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya