WNI di Sri Lanka Berlebaran Secara Sederhana di KBRI Kolombo 

Sri Lanka rayakan Idul Fitri pada 3 Mei 2022

Jakarta, IDN Times - KBRI Kolombo menyelenggarakan salat Idul Fitri bersama masyarakat Indonesia yang tinggal di Kolombo dan sekitarnya. Idul Fitri di Sri Lanka sendiri jatuh pada 3 Mei 2022.

Salat Idul Fitri di KBRI Kolombo berlangsung di ruang Riptaloka yang telah ditata untuk menampung masyarakat Indonesia yang merindukan salat berjamaah, yang ditunda selama dua tahun akibat pandemik COVID-19.

1. Lebaran di tengah krisis ekonomi Sri Lanka

WNI di Sri Lanka Berlebaran Secara Sederhana di KBRI Kolombo Salat Idul Fitri di KBRI Kolombo, Sri Lanka. (Dok: KBRI Kolombo)

Acara ini memiliki tujuan yaitu mengajak masyarakat Indonesia memanfaatkan momentum Idul Fitri untuk memperkuat tali persaudaraan dan kesetiakawanan sosial. Sebab, kini Sri Lanka sedang dilanda krisis ekonomi yang cukup hebat.

“Pemerintah Indonesia, didukung oleh sembilan perusahaan farmasi, ikut membantu mengirimkan obat-obatan dan alat-alat kesehatan senilai Rp22,5 miliar atau setara 1,6 juta dolar Amerika yang sangat dibutuhkan rakyat Sri Lanka,” kata Duta Besar RI untuk Sri Lanka Dewi Gustina Tobing, dalam keterangan tertulis KBRI Kolombo yang diterima IDN Times, Rabu (4/5/2022).

Dewi selanjutnya menyampaikan bahwa kondisi di Sri Lanka saat ini mengharuskan masyarakat Indonesia merayakan Idul Fitri secara sederhana.

Baca Juga: [UPDATE] COVID-19 di Taiwan Melonjak, Lebih Tinggi Dibanding 2020

2. WNI di Kolombo tetap menjalankan ibadah secara khusyuk

WNI di Sri Lanka Berlebaran Secara Sederhana di KBRI Kolombo WNI merayakan Idul Fitri di KBRI Kolombo, Sri Lanka. (Dok. KBRI Kolmbo)

Selain itu, Dewi berkeyakinan bahwa seluruh masyarakat Indonesia di Sri Lanka tetap dapat menjalankan ibadah Ramadan sebelumnya secara khusyuk dan tetap dapat menerapkan hikmah puasa Ramadan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, seperti kejujuran, kesabaran, kerja keras, profesionalisme dan kesetiakawanan sosial.

“Marilah kita senantiasa menghidupkan nilai-nilai Ramadan dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan saudara-saudara kita baik yang berada di Sri Lanka, Maladewa maupun yang berada di tanah air,” tutur Dewi.

3. Salat Idul Fitri dengan prokes ketat

WNI di Sri Lanka Berlebaran Secara Sederhana di KBRI Kolombo Perayaan Hari Lebaran di KBRI Kolombo, Sri Lanka. (Dok. KBRI Kolombo)

Sekitar 100 WNI di Sri Lanka hadir dalam salat Idul Fitri inii dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Masyarakat Indonesia yang hadir pada umumnya mengungkapkan rasa bahagianya dapat berkumpul dan bersilahturahmi dengan sesama warga Indonesia di hari Lebaran tahun ini.

Usai acara, KBRI Kolombo juga memberikan bingkisan untuk para WNI berupa paket ketupat lengkap dengan opor ayam dan lauk pauk khas Lebaran sebagai pengobat rindu kampung halaman.

Baca Juga: Cerita WNI di Guangzhou, Alami Lockdown hingga Tes Swab Tiap Hari  

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya