Comscore Tracker

8 Orang Tewas Dalam Ledakan Gas di Karnaval Bolivia

Karnaval berubah menjadi peristiwa nahas

Oruro, IDN Times - Tabung gas masak milik salah seorang pedagang kaki lima meledak ditengah Karnaval yang digelar di kota Oruro, Bolivia. Peristiwa nahas ini terjadi pada Sabtu (10/2/2018) malam lalu. Kejadian ini menewaskan delapan orang dan telah melukai 40 orang lainnya, ungkap pihak Kepolisian setempat seperti dikutip dari laman berita Reuters.

1. Penyebab ledakan diakibatkan oleh tumpahan minyak pada selang tabung gas

8 Orang Tewas Dalam Ledakan Gas di Karnaval Boliviascmp.com

Pedagang kaki lima tersebut menjual yama, gorengan kulit unta khas Amerika Latin. Dugaan sementara pemicu ledakan adalah si pedagang secara tidak sengaja menumpahkan minyak panas ke selang tabung gas.

2. Peristiwa nahas ini terjadi tak jauh dari jalur utama pawai

8 Orang Tewas Dalam Ledakan Gas di Karnaval Boliviatimesofmalta.com

Ledakan tabung gas yang menewaskan delapan orang ini terjadi di dekat jalur utama pawai yang membentang sepanjang empat kilometer. Festival di Oruro ini merupakan festival yang cukup populer di Bolivia dan diperkirakan akan menarik tak kurang dari 400 ribu pengunjung. 

Atas kejadian nahas ini, Presiden Bolivia, Evo Morales langsung menyatakan duka yang mendalam melalui akun media sosial resminya.

"Kami sangat prihatin atas berita kematian yang diakibatkan oleh ledakan di acara karnaval tersebut," ungkap Morales.

3. Tiga orang anak dilaporkan menjadi korban tewas

8 Orang Tewas Dalam Ledakan Gas di Karnaval Boliviascmp.com

Dari delapan orang tewas yang diberitakan tersebut, tiga di antaranya anak-anak. Secara keseluruhan, korban tewas yang tercatat adalah delapan orang. Selain delapan orang yang dikabarkan tewas, insiden ini juga melukai sekitar 40 orang lainnya yang ada di seputaran karnaval tersebut..

Gelombang kejut hasil ledakan gas terseb diperkirakan menyebar hingga radius sekitar 50 yard, seperti dilansir dari laman The Sun.

Festival di Oruro ini rencananya akan berlangsung selama 10 hari. Sekitar 6.000 pemusik dan juga ribuan penari latar akan mengenakan pakaian adat tradisional Bolivia dan menggelar parade di sepanjang jalan utama rute Festival.

Subagiyo Photo Community Writer Subagiyo

Biarkan saja seperti ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You