Van Tabrak Pengunjung Festival Musik di Belanda, Satu Orang Tewas

Festival musik berubah duka...

Amsterdam, IDN Times - Sebuah insiden nahas terjadi saat festival musik terbesar yang digelar di Belanda. Peristiwa yang terjadi pada Senin (18/6/2018) dini hari waktu setempat ini mengakibatkan beberapa orang menderita luka-luka, demikian menurut penjelasan dari pihak kepolisian, yang dikutip dari laman berita Reuters.

1. Insiden nahas ini terjadi pada Senin dini hari waktu setempat

Van Tabrak Pengunjung Festival Musik di Belanda, Satu Orang Tewaspixabay.com/ Free-Photos

Insiden nahas Van menabrak sejumlah pengunjung di konser musik terbesar di Belanda itu terjadi sekitar pukul 4.00 pagi waktu setempat, demikian menurut penjelasan dari pihak kepolisian setempat.

Insiden nahas itu terjadi sekitar empat jam setelah artis papan atas Bruno Mars tampil di hadapan sekitar 70 ribu penonton.

Kepala penyelanggara Pinkpop, James Smeetes mengatakan bahwa insiden mematikan ini adalah kali pertama yang terjadi dalam kurun 49 tahun sejarah penyelenggaraan festival musik tersebut.

"Insiden ini benar-benar mengerikan. (Kami tidak menyangka) bahwa festibal besar seperti itu akan berakhir dengan begitu tiba-tiba," demikian menurut James Smeetes, seperti dikutip dari laman Independent.

Pihak penyelenggara mengungkapkan duka yang mendalam akibat insiden yang terjadi dalam gelaran festival musik ini, dan akan memberikan bantuan kepada korban dan juga keluarga korban.

Acara festival musik yang digelar dalam kurun waktu 3 hari ini dihadiri oleh puluhan ribu penggemar setiap musim panasnya.

2. Satu orang tewas dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka

Van Tabrak Pengunjung Festival Musik di Belanda, Satu Orang Tewasunsplash.com/ Arron Choi

Akibat insiden mematikan ini, satu orang dinyatakan tewas dan tiga orang lainnya menderita luka-luka. Korban yang terdiri dari satu orang perempuan dan tiga orang laki-laki itu berasal dari wilayah Heerlen, atau wilayah di sekitar Landgraaf yang merupakan tempat diselenggarakannya festival musik itu.

Korban fatal adalah seorang pria berusia 35 tahun yang berasal dari wilayah Heerlen. Belum ada penjelasan resmi dari pihak kepolisian setempat terkait dengan korban insiden nahas yang terjadi di wilayah itu.

3. Penyelidikan masih terus dilakukan guna mengungkap insiden yang terjadi di festival musik itu

Van Tabrak Pengunjung Festival Musik di Belanda, Satu Orang Tewaspixabay.com/ GraphicMama-team

Pihak kepolisian setempat belum bisa memastikan apakah insiden tersebut merupakan sebuah kecelakaan atau merupakan sebuah aksi teror.

"Penyelidikan masih terus dilakukan dan kami tidak dapat mengatakan apakah insiden ini merupakan sesuatu yaang disengaja atau merupakan sebuah kecelakaan," demikian menurut penjelasan dari juru bicara pihak Kepolisian Hub Haenen, seperti dikutip dari laman berita Reuters.

Jaksa Daniele Weymar mengatakan dalam sebuah konferensi pers, seorang tersangka berusia 34 tahun yang merupakan pria berkebangsaan Belanda telah menghubungi polisi, dan ditahan sebagai orang yang dicurigai atas insiden tersebut.

Pria itu ditahan karena dicurigai telah melakukan pembantaian dan percobaan pembunuhan.

Pihak kepolisian juga belum dapat memastikan apakah insiden ini terkait dengan serangan serupa yang terjadi dibeberapa kota besar di Eropa seperti London, Berlin dan kota-kota lainnya akhir-akhir ini.

Akibat insiden tersebut, pihak kepolisian setempat telah menutup satu dari dua pintu keluar lahan konser guna dilakukannya penyidikan forensik secara lebih lanjut, untuk mengetahui penyebab insiden mematikan itu.

Subagiyo Photo Verified Writer Subagiyo

Biarkan saja seperti ini.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya