Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19

Yuk, jangan sepelekan dan harus makin waspada!

Pertama kali muncul di China pada akhir tahun 2019 yang lalu, wabah COVID-19 yang disebabkan oleh Coronavirus saat ini telah menjadi pandemi global. Gak hanya menyerang warga di Tiongkok saja, saat ini corona telah menyebar luas di berbagai negara. Berbagai upaya dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus ini.

Bukan hanya menyerang warga sipil, para penggawa pemerintahan pun tak luput menjadi korban. Beberapa di antaranya tertular setelah melakukan kontak langsung dengan penderita COVID-19. Nah, berikut ada sembilan politisi dunia yang diketahui positif terjangkit virus COVID-19. Siapa saja mereka?

1. Masoumeh Ebtekar - Wakil presiden Iran

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19middleeasteye.net

Perempuan yang menjabat sebagai Wakil Presiden Iran untuk urusan perempuan dan keluarga ini merupakan anggota kabinet Presiden Hassan Rouahni pertama yang terinfeksi virus corona. Sehari sebelum dinyatakan positif COVID-19, Ebtekar diketahui menghadiri rapat kabinet di mana dirinya berhubungan dengan pemimpin pemerintah Iran lainnya. 

2. Iraj Harirchi - Wakil menteri kesehatan Iran

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19the-sun.com

Dalam sebuah siaran pers, Wakil Menteri Kesehatan Iran yakni Iraj Harirchi pertama kali menunjukkan gejala virus Corona. Pada saat itu, Harirchi terlihat terus berkeringat dan berusaha menyekanya dengan sapu tangan. Sesekali ia juga batuk, sebelum akhirnya ia dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

3. Mojtaba Zolnour - Ketua Komite Keamanan dan Urusan Luar Negeri Iran

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19en.radiofarda.com

Pada awal penyebaran COVID-19, Iran menjadi salah satu negara yang penduduknya banyak terinfeksi. Gak hanya penduduk sipil, para pemimpin pemerintahan Iran pun turut menjadi korban keganasan virus tersebut. Melalui sebuah video, Mojtaba Zolnour mengumumkan bahwa dirinya juga positif terjangkit virus corona.

Selain ketiga orang tersebut, masih ada beberapa politisi Iran lainnya yang terinfeksi. Seperti Mahmoud Sadeghi, anggota Parlemen Iran yang mewakili distrik Teheran. 

4. Peter Dutton - Menteri Dalam Negeri Australia

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19abc.net.au

Pada 13 Maret 2020 yang lalu, Menteri Dalam Negeri Australia yakni Peter Dutton dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Sebelumnya, Dutton diketahui telah melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk menghadiri pertemuan eksploitasi seksual anak. Saat di AS, Dutton sempat bertemu dengan Donald Trump dan istrinya. 

Baca Juga: Guru Besar UGM yang Positif Virus Corona COVID-19 Meninggal 

5. Nadine Dorries - Anggota parlemen Inggris

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19thetimes.co.uk

Nadine Dorries merupakan seorang politikus yang menjabat sebagai Sekretaris Parlementer Negara Tingkat Rendah untuk Kesehatan dan Perawatan Sosial Inggris. Dorries menunjukkan gejala COVID-19 ketika menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. 

6. Franck Riester - Menteri Kebudayaan Prancis

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19archyworldys.com

Menteri Kebudayaan, Franck Riester menjadi salah satu penjabat Prancis yang dinyatakan positif virus corona. Sebelumnya, ada lima anggota parlemen Prancis yang dinyatakan positif. Riester diduga terinfeksi COVID-19 dari salah satu dari lima orang tersebut usai mengunjungi parlemen.

7. Sophie Gregoire Trudeau - Istri Perdana Menteri Kanada

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19ctvnews.ca

Sophie Gregoire Trudeau yang merupakan istri dari Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada, mulai menunjukkan gejala COVID-19 selepas kembali dari London. Setelah dinyatakan positif terjangkit virus corona, Sophie dan sang suami menjali isolasi selama 14 hari.

8. Budi Karya Sumadi - Menteri Perhubungan RI

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19twitter.com/BudiKaryaS

Menhub Budi Karya menjadi penjabat pertama Indonesia yang terinfeksi virus corona. Awalnya Budi Karya dirawat di rumah sakit swasta akibat sesak nafas. Selanjutnya, Menhub mendapat pemeriksaan lebih intensif dan kemudian dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto. Tidak diketahui kapan Budi mulai terinfeksi virus tersebut.

9. Irene Montero - Menteri Persamaan Hak Spanyol

Makin Waspada, 9 Politisi Dunia Ini Dinyatakan Positif COVID-19instagram.com/i_montero_

Menteri muda asal Spanyol ini dinyatakan positif virus Corona dua jam sebelum pertemuan kabinet dilaksanakan untuk membahas rencana darurat guna memerangi COVID-19. Irene Montero bersama dengan Wakil Perdana Menteri Pablo Iglesias saat ini sedang menjalani karantina.

Itulah tadi sembilan politisi dunia yang terkonfirmasi positif COVID-19. Saat ini, virus corona telah menjadi pandemik global termasuk Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan selalu membiasakan diri cuci tangan serta melakukan self isolation guna memerangi virus ini. 

Baca Juga: Alasan Presiden Jokowi Belum Lakukan Lockdown untuk Atasi COVID-19

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) Instagram @ciiw08

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya