Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua Usia 119 Tahun Tiba di Madinah

Ada 390 lansia dalam rombongan Mbah Harun

Madinah, IDN Times - Harun Senar Muhammad, jemaah haji tertua asal Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tiba di Madinah, Arab Saudi pada Jumat (26/5/2023). Mbah Harun, begitu dia biasa disapa, mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMMA) sekitar pukul 03.00 waktu Arab Saudi.

Pria berusia 119 tahun itu masuk dalam kelompok terbang (kloter) embarkasi Surabaya (SUB) 6 dengan total jumlah rombongan 445 jemaah. Dalam rombongan Mbah Harun, total ada 390 jemaah lanjut usia (lansia).

Ada 15 orang menggunakan tongkat dan lebih dari sembilan orang menggunakan kursi roda dalam rombongan lansia itu. Bahkan, ada seorang jemaah yang pingsan dan harus diinfus di atas pesawat.

Meski begitu, Mbah Harun sebagai yang tertua, tampak bugar. Dia pun bisa berkomunikasi dengan baik saat ditanya pengalamannya dalam penerbangan.

"Nggih (iya), penerbangannya bagus, enak," jawab Mbah Harun kepada IDN Times.

Saat keluar menuju pintu pemeriksaan Imigrasi dan Bea Cukai, Mbah Harun didorong menggunakan kursi roda. Di belakangnya berturut-turut penumpang lainnya yang juga menggunakan kursi roda.

Meski usianya sudah senja, Mbah Harun yang lahir pada 1904 bersyukur dan senang diberi kesempatan menunaikan rukun Islam ke-5, ibadah haji ke Tanah Suci.

"Saya paling ingin masuk ke Madinah dari muda sampai tua," ujarnya.

Begitu keluar dari pintu pemeriksaan Imigrasi dan Bea Cukai, Mbah Harun langsung diperiksa kesehatannya oleh tenaga kesehatan tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) yang sudah menunggu.

Kementerian Agama akan memberangkatkan 229 ribu jemaah haji pada musim haji 2023. Jumlah ini setelah ada kuota tambahan dari Kerajaan Arab Saudi sebesar 8 ribu jemaah. Dari jumlah ini, lebih dari 67 ribu jemaah berusia 65 tahun ke atas.

Baca Juga: Cerita Nek Tumiyem Menabung 41 Tahun untuk Berangkat Haji dari Pijat

Topik:

  • Anata Siregar
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya