Presiden AS Joe Biden Tiba di Inggris Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth

Joe Biden dijadwalkan bertemu Raja Charles III

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Inggris. Biden bersama istrinya, Jill Biden, datang ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II yang akan berlangsung pada Senin, 19 September 2022.

Kedatangan Joe Biden dan Ibu Negara AS disambut oleh Duta Besar AS untuk Inggris Jane Hartley dan Lord Letnan Essex Jennifer Tolhurst, setelah pesawat mendarat di Bandara Stansted.

Dilansir Express.co.uk, Minggu (18/9/2022), sebelumnya pada awal pekan ini Gedung Putih mengungkapkan, undangan untuk menghadiri pemakaman Ratu di Westminster Abbey, hanya untuk Biden.

Baca Juga: Detail Rencana Pemakaman Ratu Elizabeth II, Dimakamkan Sore Hari

1. Ratu Elizabeth II telah bertemu 13 presiden Amerika Serikat

Presiden AS Joe Biden Tiba di Inggris Hadiri Pemakaman Ratu Elizabethpotret Ratu Elizabeth II di pembukaan Elizabeth Line (instagram.com/hermajestythequeenelizabethII)

Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9/2022) lalu. Penguasa Kerajaan Inggris itu meninggal karena sakit di usia 96 tahun, di Kastil Balmoral, Skotlandia. Dia terhitung menjadi penguasa terlama Inggris, yakni berkuasa selama 70 tahun.

Selama berkuasa, Ratu telah bertemu banyak Presiden Amerika Serikat, termasuk yang baru-baru yakni Donald Trump, Barack Obama, dan George W Bush.

Total Ratu telah bertemu 13 dari 14 presiden AS terakhir, kecuali Lyndon Johnson. Ratu pertama kali bertemu dengan Presiden AS Harry Truman pada 1951, saat dia masih menyandang gelar putri.

2. Usai menandatangani buku belasungkawa resmi, Joe Biden bertemu Raja Charles III

Presiden AS Joe Biden Tiba di Inggris Hadiri Pemakaman Ratu ElizabethRaja Charles III di State Opening of Parliament pada May 2022. (instagram.com/clarencehouse)

Keluarga Biden yang bergabung dengan Qeen pada Juni 2021, dijadwalkan memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II, yang peti matinya telah berada di Westminster Hall pada hari Minggu ini.

Setelah itu, Joe Biden (79) akan menandatangani buku belasungkawa resmi sebelum menghadiri resepsi yang diadakan Raja Charles III.

3. Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dihadiri sekitar 100 presiden dan kepala pemerintahan

Presiden AS Joe Biden Tiba di Inggris Hadiri Pemakaman Ratu ElizabethPemakaman Ratu Elizabeth II (twitter.com/RoyalFamily)

Pemakaman Ratu Elizabeth II akan berlangsung pada Senin waktu setempat, dan akan dihadiri sekitar 100 presiden dan kepala pemerintahan.

Joe Biden mengatakan, Ratu mengingatkannya pada ibunya.

Selama kontak telepon dengan Raja pada Rabu lalu, Pemimpin AS menyatakan belasungkawa dan menyampaikan kekaguman besar rakyat Amerika kepada Ratu.

Baca Juga: David Beckham Melayat Ratu Elizabeth II, Rela Antre 13 Jam

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya