Korea Utara Tembak 3 Rudal Balistik, Korsel Janji Makin Tegas 

AS tegaskan komitmen untuk dukung pertahanan Korsel-Jepang  

Jakarta, IDN Times - Korea Utara (Korut), pada Sabtu (31/12/2022), menembakan tiga rudal balistik ke perairan di wilayah timur. Hal itu dilakukan setelah Korea Selatan (Korsel) meluncurkan sebuah roket luar angkasa untuk rencana pemasangan satelit pengintai.

Sejauh ini, ketegangan antara Korsel-Korut semakin meningkat. Hal itu terlihat dari pernyataan Seoul pada pekan ini yang menuduh Pyongyang menerbangkan lima pesawat tak berawak ke wilayahnya.

1. 3 rudal Korut terdeteksi dari pedalaman di selatan Pyongyang  

Korea Utara Tembak 3 Rudal Balistik, Korsel Janji Makin Tegas Ilustrasi rudal ((dok. KCNA)

Dilansir Associated Press, melalui pernyataan Kepala Staf Gabungan Korsel, peluncuran tiga rudal itu terdeteksi dari daerah pedalaman di selatan Pyongyang pada Sabtu pagi waktu setempat.

Lebih lanjut, ketiga rudal menempuh jarak sekitar 350 kilometer sebelum akhirnya mendarat di perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang. Kepala Staf Gabungan itu menganggap peluncuran sebagai provokasi serius.

Kepala Staf Gabungan itu mengatakan, Korsel secara cermat memantau gerakan Korut melalui koordinasi dengan Amerika Serikat (AS). Pihaknya menegaskan tetap siaga untuk menghalangi setiap provokasi oleh Pyongyang. 

Komando Indo-Pasifik AS menyoroti peluncuran itu sebagai dampak destabilisasi dari program senjata ilegal Korut. Pihaknya juga menegaskan bahwa komitmen AS untuk mendukung pertahanan Korsel dan Jepang “tetap kuat”.

Pada Senin, militer Korsel berhasil mengacak-acak pesawat tempur dan helikopter Korsel. Namun pihaknya gagal menembak jatuh salah satu drone Pyongyang sebelum hilang dari radar militer Seoul.

Saat itu, salah satu drone Korut berhasil menembus perbatasan Korsel. Insiden itu menyebabkan kekhawatiran mengenai keamanan publik. Pada Selasa, militer Seoul menyampaikan permintaan maaf karena gagal menembak jatuh drone tersebut.

Merespons provokasi Korut, Korsel langsung menerbangkan tiga drone pengintai dan melintasi perbatasan pada Senin. Tak hanya itu, pihaknya juga mengadakan latihan militer skala besar untuk melakukan simulasi penembakan drone.

Baca Juga: 10 Pekerja Suriah Tewas Diserang ISIS, Diserang Bom-Dihujani Peluru

2. Presiden Korsel berjanji tangani provokasi Korut dengan tegas  

Sementara Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, menyerukan untuk meningkatkan pertahanan udara negaranya. Oleh karena itu, ia berjanji untuk mengatasi provokasi Korut secara tegas.

Sejak menjabat pada bulan Mei, pemerintah Yoon telah memperluas latihan militernya dengan AS. Hal itu untuk menghadapi peningkatan ancaman serangan nuklir dari Korut. 

Korut menganggap latihan gabungan pesaingnya sebagai latihan untuk invasi. Pihaknya juga berpendapat bahwa uji coba rudalnya merupakan respon terhadap tindakan musuh.

3. Korsel masih bergantung dengan satelit pengintai milik AS  

Korea Utara Tembak 3 Rudal Balistik, Korsel Janji Makin Tegas Ilustrasi satelit (unsplash.com/SpaceX)

ABC News melansir, Korsel pada Jumat meluncurkan roket berbahan bakar padat ke luar angkasa. Roket itu rencananya akan digunakan untuk menempatkan satelit pengintai ke orbitnya di tahun-tahun mendatang.

Pada bulan Maret, Korsel berhasil meluncurkan roket berbahan padat untuk pertama kalinya. Para pejabat pertahanan mengatakan peluncuran hari Jumat merupakan uji coba lanjutan dari peluncuran sebelumnya. 

Peluncuran pada hari Jumat sempat menuai ketakutan terhadap publik. Sebab, tindakan itu disangka sebagai penampakan UFO atau penembakan rudal oleh Korut.

Hingga kini, Korsel tidak memiliki satelit pengintai untuk keperluan militernya. Oleh karena itu, pihaknya bergantung pada satelit mata-mata AS untuk memantau fasilitas strategis di Korut.  

Baca Juga: Rumania Tahan Influencer Atas Tuduhan Perdagangan Manusia dan Perkosa

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya