Pakistan Memanas! Ribuan Warga Protes Penangkapan Eks PM Imran Khan 

Satu orang dilaporkan tewas dalam kerusuhan itu

Jakarta, IDN Times - Peristiwa penangkapan mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan membuat ribuan warga turun ke jalanan di beberapa kota. Aksi pada Selasa (9/5/2023) itu, berakhir ricuh dan mendorong aparat keamanan menembak gas air mata dan meriam air. 

Ribuan pendukung Khan dilaporkan turun ke jalanan di Ibu kota Islamabad, Karachi, Lahore, dan kota-kota lainnya untuk memprotes penangkapannya.

Baca Juga: Eks PM Pakistan Imran Khan Akhirnya Ditangkap! 

1. Satu petugas untuk partai Khan tewas  

Pakistan Memanas! Ribuan Warga Protes Penangkapan Eks PM Imran Khan Potret eks Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan menggelar konvoi, Kamis (3/11/2022) (twitter.com/ImranKhanPTI)

Melansir Al Jazeera, mantan menteri dan pemimpin senior partai Tehreek-e-Insaf (PTI), Shireen Mazari, mengatakan seorang pekerja untuk partai Khan tewas di Quetta.

Sementara itu, ratusan pendukung PTI di Islamabad memblokir jalan raya Kashmir. Arus lalu lintas kedua sisi jalan pun terhambat. Berdasarkan laporan Geo News, polisi telah menangkap lebih dari selusin pekerja PTI setelah kedua pihak bentrok di beberapa titik kota Islamabad.

Inspektur Jenderal Polisi Islamabad mengatakan, siapa pun yang ikut turun ke jalanan untuk ikut protes, harus ditangkap. Para pejabat juga memperingatkan warga untuk tidak ikut protes.

"Kami akan memblokir seluruh negeri dan memprotes sampai Khan dibebaskan," kata Waseem Qayyum, pengunjuk rasa, dikutip dari Al Jazeera.

Baca Juga: Pengadilan Pakistan Beri Perlindungan kepada Eks PM Imran Khan

2. Polisi tembak gas air mata dan meriam air pada demonstran di Karachi dan Lahore 

Pakistan Memanas! Ribuan Warga Protes Penangkapan Eks PM Imran Khan Ilustrasi polisi (unsplash.com/Spenser H)

Adapun pengunjuk rasa di Lahore berkumpul di luar kediaman Khan di Zaman Park. Mereka memblokir jalanan di sekitar dengan membakar ban. Polisi kemudian membubarkan demonstran menggunakan meriam air.

Di sisi lain, para pendukung Khan di kota pelabuhan selatan Karachi berkumpul di luar kantor PTI yang terletak di sepanjang jalan Shahrah-e-Faisal. Kedua arus lalu lintas di dekat kantor itu ditutup karena polisi mengepung daerah tersebut.

Polisi terlihat menembak gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa saat mereka mencoba blokir jalanan Shahrah-e-Faisal.

Di jalanan Burns Road di Karachi, pengunjuk rasa melempari batu dan membakar ban. Hal itu membuat arus lalu lintas terganggu dan memaksa pemilik toko untuk menutup tempat mereka.

Baca Juga: Polisi Pakistan Serbu Kediaman Imran Khan, 30 Orang Ditahan

3. Kronologi penangkapan Imran Khan 

Penangkapan Khan terjadi setelah Pakistan dilanda krisis politik berbulan-bulan. Itu juga berlangsung usai militer Islamabad menegur Khan karena menuding seorang perwira senior terlibat upaya pembunuhan terhadapnya.

"Imran Khan telah ditangkap dalam kasus Qadir Trust," kata akun Twitter resmi polisi Islamabad, mengacu pada kasus korupsi, dilansir Middle East Eye.

Cuplikan video yang beredar di media sosial menunjukan Imran Khan ditangkap pasukan paramiliter saat dia menghadiri persidangan di pengadilan tinggi Islamabad atas kasus korupsi. 

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya