Comscore Tracker

Biden Pamerkan Gambar Pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb

Menunjukan pemandangan alam semesta terdalam saat ini

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, memperkenalkan gambar penuh warna  pertama dari kosmos yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb pada Senin (11/7/2022). 

Biden juga mengutip keterangan NASA terkait gambar tersebut sebagai pemandangan inframerah terdalam dan paling tama dari alam semesta yang pernah diambil, dikutip dari Al Jazeera.

Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah perusahaan patungan NASA senilai 10 miliar  dolas AS. Sejauh ini, Badan Antariksa Kanada dan Badan Antariksa Eropa telah memotret lima gambar yang memetakan perjalanan umat manusia melalui sejarah kosmik dari planet gas hingga planet nebula masif.

1. Akan merilis empat gambar keindahan galaksi dari pandangan luar awal teleskop

Gambar yang diunggah pada Selasa (12/7/2022) memotret empat bidikan keindahan galaksi dari pandangan luar awal teleskop.

"Kami akan memberi umat manusia pandangan baru tentang kosmos. Dan itu adalah pemandangan yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata Administrator NASA Bill Nelson kepada wartawan bulan lalu dalam sebuah pengarahan.

Observatorium Webb itu dinamai sesuai nama orang yang menjalankan NASA selama program luar angkasa Apollo, yang menempatkan manusia di bulan pada 1960-an. Proyek itu dirancang untuk mengintip melalui kosmos hingga fajar alam semesta yang diketahui, sehingga diharapkan bisa mengantarkan ke era revolusi astronomi.

Baca Juga: 7 Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ada Space X!

2. Joe Biden kagum pada gambar yang didapatkan

Biden Pamerkan Gambar Pertama Teleskop Luar Angkasa James WebbJoe Biden (instagram.com/joebiden)

Beberapa detik sebelum gambar diluncurkan, Joe Biden mengaku kagum pada potret tersebut.

Biden mengatakan, "cahaya tertua yang didokumentasikan dalam sejarah alam semesta dari lebih dari 13 miliar, izinkan saya mengatakannya lagi,13 miliar tahun yang lalu. Sulit untuk dipahami," dikutip dari CBC News.

Gambar dipenuhi dengan ratusan bintik, garis, spiral, dan pusaran putih, kuning, oranye, dan merah hanyalah, "satu titik kecil adalah alam semesta," kata Nelson.

3. Teleskop James Webb memiliki sensitivitas tinggi

Biden Pamerkan Gambar Pertama Teleskop Luar Angkasa James WebbTeleskop Luar Angkasa Hubble (instagram.com/nasahubble)

Dibangun dan diluncurkan untuk melihat subjek dalam spektrum inframerah, Teleskop Luar Angkasa James Webb 100 kali lebih sensitif daripada pendahulunya yang berusia 30 tahun yaitu Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Sebagai informasi, teleskop Hubble beroperasi dengan gelombang optik dan ultraviolet.

Hubble telah menatap sejauh 13,4 miliar tahun. Ia menemukan tanda gelombang cahaya dari galaksi yang sangat terang pada 2016. Para astronom mengukur seberapa jauh mereka melihat ke belakang dalam tahun cahaya, dengan satu tahun cahaya adalah 9,5 triliun kilometer (5,9 triliun mil).

Taufik Hidayah Photo Verified Writer Taufik Hidayah

- Null :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya