China Akan Akhiri Aksi Unjuk Kekuatan Militer di Sekitar Taiwan

Latihan itu sebagai reaksi kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan

Cianjur, IDN Times - China akan segera mengakhiri latihan militer di sekitar Taiwan pada Minggu (7/8/2022), setelah aksi yang berlangsung selama 4 hari. Beijing memamerkan kecakapan militer sebagai tekad untuk menentang upaya untuk memisahkan Taiwan dari China, setelah kunjungan kontroversial Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Pada Kamis, China memulai serangkaian latihan militer di dekat Taiwan. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggapan China atas kunjungan Pelosi ke Taiwan.

China marah karena menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, kemudian menanggapi kunjungan Pelosi dengan uji peluncuran rudal balistik di atas ibu kota Taiwan, Taipei.

Tak hanya cukup sampai di situ, China juga menghentikan hubungannya dengan Amerika Serikat (AS). Mereka membatalkan sejumlah upaya untuk menjaga saluran komunikasi tetap terbuka antara komandan militer dan menangguhkan kolaborasi bilateral pada krisis iklim, seperti dikutip dari The Guardian.

Baca Juga: Apple Minta Pemasok Taiwan Labeli Produk Buatan China

1. Ketidak jelasan pihak China

China Akan Akhiri Aksi Unjuk Kekuatan Militer di Sekitar Taiwanilustrasi bendera China (unsplash.com/Yan Ke)

Setidaknya sekitar 10 kapal perang masing-masing dari kedua belah pihak, yakni China dan Tawian berlayar dalam jarak yang berdekatan di selat Taiwan pada Minggu. Keduanya saling membayangi, bahkan beberapa kapal China melintas garis tengah yang memisahkan kedua belah pihak, seperti yang dilaporkan Reuters.

Kementerian pulau tersebut mengatakan, beberapa kapal yang dimiliki China, pesawat terbang, dan pesawat tak berawak sedang mensimulasikan serangan di pulau itu. Mereka juga telah mengirim pesawat dan kapal supaya bisa bereaksi dengan tepat.

Sebenarnya, belum sepenuhnya jelas apakah China telah mengakhiri latihan pada Minggu seperti yang mereka umumkan sebelumnya. Sebab, seorang komentator acara televisi larut malam pemerintahan China mengatakan militer China sekarang akan melakukan latihan reguler di jalur Taiwan. Dia mengatakan "tugas bersejarah" dari "reunifikasi" China dapat direalisasikan.

Baca Juga: China Lanjutkan Latihan Militer di Zona Taiwan 

2. Tanggapan Taiwan

China Akan Akhiri Aksi Unjuk Kekuatan Militer di Sekitar Taiwanilustrasi bendera Taiwan (unsplash.com/Martin Lindstrom)

Tak tinggal diam, Taiwan segera menanggapi Beijing dengan dengan melakukan sebuah tindakan pembangkangan. Central News Agency, sebuah outlet resmi Taiwan melaporkan, tentaranya juga akan melakukan latihan artileri tembakan langsung di daerah Pingtung selatan pada Selasa dan Kamis, dikutip dari The Guardian.

Taiwan juga mengatakan, rudal antikapal berbasis pantai dan rudal-rudal lain miliknya dalam keadaan siaga.

Baca Juga: China-Taiwan Tegang, Kondisi WNI Dipastikan Aman 

3. Bagaikan kucing dan tikus

China Akan Akhiri Aksi Unjuk Kekuatan Militer di Sekitar Taiwanilustrasi militer (pexels.com/Pixabay)

Pada Minggu, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan telah mendeteksi sekitar 66 pesawat angkatan udara China, dan sekitar 14 kapal perang yang melakukan kegiatan di sekitar selat Taiwan.

Ketika pasukan China mendekati garis perbatasan, seperti yang mereka lakukan pada Sabtu, pihak Taiwan tetap memantau secara seksama. Seorang sumber yang mengetahui situasi tersebut, namun menolak untuk memberikan identitasnya, menyebutkan Taiwan bahkan mungkin akan menghentikan China jika mereka berniat menyebranginya.

"Kedua belah pihak menunjukan pengekangan," kata orang itu, yang menggambarkan manuver kedua belah pihak layaknya kucing dan tikus. "Satu sisi mencoba untuk menyebrang, yang lain menghalangi dan memaksa mereka ke posisi yang tidak menguntungkan, sehingga mereka kembali ke sisi lain," sambungnya.

Taufik Hidayah Photo Verified Writer Taufik Hidayah

- Null :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya