Belanda Siap Beri Saran dan Bantu Pemprov Jakarta Atasi Banjir

Dia akan melihat ke depan apakah bisa kerja sama atau tidak

Den Haag, IDN Times - Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, Cora van Nieuwenhuizen, menjelaskan bahwa ia akan melihat ke depan apakah akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengatasi banjir di Jakarta.

Cora mengatakan, Belanda dan Jakarta mempunyai masalah yang sama yakni ancaman banjir. Sehingga, pada kunjungannya ke Indonesia di bulan Maret nanti, hal itu bisa menjadi kesempatan untuk pemerintah Indonesia dan Belanda saling bertukar pikiran untuk atasi banjir.

1. Pemerintah Belanda akan memberikan saran atasi banjir Jakarta

Belanda Siap Beri Saran dan Bantu Pemprov Jakarta Atasi BanjirIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Cora menerangkan, saat ini Belanda memang selalu memiliki kerja sama yang baik, terutama antara pemerintah dan pengusaha.

Cora pun mengatakan pemerintah Belanda memiliki program untuk membandingkan situasi negara kincir angin tersebut dengan negara lainnya.

Terkait apakah pada kunjungannya nanti akan ditawarkan juga kerja sama untuk atasi banjir di Jakarta, Cora mengaku belum mengetahuinya. Semua tergantung pada agenda pertemuan.

"Tapi kita akan melihat agenda dulu, apa yang bisa kita lakukan to provide our system," kata Cora di Den Haag, Senin (17/2).

Baca Juga: Unggul dari Anies Soal Solusi Banjir, Ahok: Ikuti Desain Belanda

2. Cora sebut tanggul dan mangrove adalah cara lama yang natural

Belanda Siap Beri Saran dan Bantu Pemprov Jakarta Atasi BanjirIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Saat ditanya apakah Cora akan menawarkan beberapa infrastruktur untuk atasi banjir seperti tanggul, ia mengatakan bahwa banyak cara yang natural untuk bisa menangkal banjir. Ia pun mencontohkan seperti membuat tanggul dan menanam mangrove.

"Ya, tanggul adalah gaya lama dan mangrove, mereka bisa melindungi pantai. Kita mempunyai masalah yang sama," ujar Cora.

3. Belanda sempat beri saran kepada Miami soal atasi banjir

Belanda Siap Beri Saran dan Bantu Pemprov Jakarta Atasi BanjirIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berdasarkan big data, kata Cora, Miami menjadi salah satu area metropolitan yang memiliki masalah sama seperti Jakarta. Kepada Miami, pemerintah Belanda pun sempat menyarankan sistem yang tengah dibangun di negaranya.

Oleh karena itu, Cora akan melihat ke depannya apakah pemerintah Belanda juga bisa memberikan saran dan menuntaskan banjir di Jakarta.

"Contohnya juga Miami yang mengalami hal yang sama dengan Jakarta. Jadi kita bekerja sama dan lihat apakah kita bisa membantu," ucap Cora.

4. Belanda mempunyai 15 infrastruktur untuk menghambat banjir

Belanda Siap Beri Saran dan Bantu Pemprov Jakarta Atasi BanjirIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Belanda saat ini telah berhasil memecahkan masalah banjir di negaranya. Sejak kejadian banjir di tahun 1953 silam, pemerintah Belanda pun belajar dari kesalahan masa lalu. Mereka lalu membangun penghambat badai Laut Utara dan melindungi warganya dari ancaman banjir.

Belanda saat ini memiliki 15 infrastruktur penghambat banjir. Salah satu yang terbesar adalah Maeslantkering. Kini, warga Belanda bisa tidur tenang saat badai datang.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Maenslantkering, Si Raksasa Besi yang Jadi Solusi Banjir di Belanda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya