Belanda Tertarik dan Targetkan Investasi di Ibu Kota Baru

Belanda akan gandeng perusahaan besar ibu kota baru

Den Haag, IDN Times - Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda Cora van Nieuwenhuizen mengatakan, perusahaan-perusahaan di Belanda kemungkinan akan tertarik untuk berinvestasi di ibu kota baru Indonesia. Ia mengatakan, Pemerintah Belanda juga akan melihat peluang kerja sama di bidang infrastruktur untuk ibu kota baru.

"Karena banyak perusahaan yang memberikan investasi, saya yakin banyak perusahaan yang tertarik dengan ibu kota baru," kata Cora di Den Haag, Senin (17/2).

Baca Juga: Ibu Kota Baru Berkonsep Forest City, Pusat Kota Seluas Manhattan AS

1. Belanda targetkan beberapa sektor investasi di ibu kota baru tersebut

Belanda Tertarik dan Targetkan Investasi di Ibu Kota BaruIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebagai salah satu investor terbesar di Indonesia, Belanda tentu mencari peluang untuk berinvestasi di ibu kota baru. Cora mengatakan, ada beberapa sektor yang menjadi target investasi Belanda di ibu kota baru tersebut.

"Tentu kami sangat tertarik untuk bisa investasi di ibu kota baru Indonesia. Belanda selama ini memiliki keahlian di beberapa sektor seperti manajemen air dan pembangunan infrastruktur," ujar Cora.

Dia menjelaskan, sektor-sektor tersebut akan menjadi prioritas. Namun, pembahasannya baru akan dilakukan saat delegasi Belanda berkunjung ke Indonesia pada Maret mendatang.

2. Belanda menggandeng perusahaan-perusahaan besar untuk investasi

Belanda Tertarik dan Targetkan Investasi di Ibu Kota BaruIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Cora juga mengatakan, Pemerintah Belanda memiliki kerja sama yang baik dengan perusahaan-perusahaan bisnis. Bahkan, Pemerintah Belanda menggandeng orang-orang ternama seperti pendiri Microsoft, Bill Gates.

"Saya pikir, kita memiliki banyak pengetahuan, di mana Pemerintah Belanda bekerja sama dengan perusahaan bisnis," ucap dia.

3. Kerja sama juga berupa transfer teknologi dan pengetahuan

Belanda Tertarik dan Targetkan Investasi di Ibu Kota BaruIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tidak hanya investasi di bidang infrastruktur dan manajemen air, Cora menyampaikan bahwa kerja sama yang dibangun dengan Indonesia di ibu kota baru juga akan berupa transfer teknologi dan pengetahuan. Menurutnya, kerja sama tersebut akan memberikan benefit bagi kedua negara.

"Jadi saya pikir kita bisa belajar selama kunjungan, perusahaan-perusahaan juga bisa belajar, dan kita bisa mengombinasikan itu," jelas Cora.

4. Raja Belanda dan sejumlah menterinya akan ke Indonesia pada 10-13 Maret

Belanda Tertarik dan Targetkan Investasi di Ibu Kota BaruIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Raja Belanda Willem Alexander dan sejumlah menteri terkait akan berkunjung ke Indonesia pada 10-13 Maret mendatang. Menteri asal Belanda yang akan mendampingi sang Raja antara lain Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok, Menteri Perdagangan Luar Negeri Sigrid Kaag, Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Cora van Nieuwenhuizen serta Menteri Olahraga dan Perawatan Medis Bruno Bruin.

Kepala Misi Ekonomi dan Perdagangan Belanda, Hans de Boer mengatakan, pertemuan delegasi Belanda dan Indonesia itu begitu penting, karena kedua negara bisa membahas tentang investasi lebih jauh.

"Kita juga salah satu investor terbesar di Indonesia. Ini penting. Kita nomor pertama investor di Indonesia. Kita sangat terbuka dengan kerja sama perdagangan. Ini adalah alasan bekerja sama dengan negara kalian," ucap Hans.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Belanda Siap Beri Saran dan Bantu Pemprov Jakarta Atasi Banjir

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya