Comscore Tracker

Jokowi: Kerja Sama RI-Australia Ibarat Avengers Lumpuhkan Thanos

Jokowi berkunjung ke Parlemen Australia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berpidato di hadapan Parlemen Australia, dalam kunjungannya ke negeri Kanguru itu pada Senin (10/2). Dalam pidato kali ini, ia menyinggung tentang kerja sama antara Indonesia-Australia yang diibaratkan seperti film Avengers End Game.

"Kolaborasi kemitraan Indonesia dan Australia di tengah dunia yang terus dipenuhi ketidakpastian, dapat diilustrasikan dalam film Avengers End Games," kata Jokowi di Canberra, Australia, Senin.

1. Jokowi sebut kerja sama Indonesia-Australia seperti tim Avengers

Jokowi: Kerja Sama RI-Australia Ibarat Avengers Lumpuhkan ThanosPresiden Jokowi di Canberra, Australia, Senin 10 Februari 2020 (Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menjelaskan kiasan tersebut. Apabila Indonesia dan Australia bisa bersatu di tengah perekonomian dunia yang tidak pasti sekarang ini, maka ibarat tim Avengers yang bisa melumpuhkan Thanos.

"Jika Indonesia dan Australia bekerja sama dan berkolaborasi, maka intoleransi, proteksionisme dan ancaman kemiskinan, serta ancaman perubahan iklim dapat kita atasi," ujar dia.

Baca Juga: Setelah 2 Tahun, Akhirnya MoU Indonesia-Australia Ditandatangani Juga

2. Jokowi katakan generasi muda mendapat peran penting untuk kerja sama Indonesia-Australia

Jokowi: Kerja Sama RI-Australia Ibarat Avengers Lumpuhkan ThanosPresiden Jokowi di Canberra, Australia, Senin 10 Februari 2020 (Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kunjungan kerja tersebut, Jokowi juga membicarakan tentang hubungan Indonesia-Australia ke depan. Menurut dia, generasi muda mengambil peran penting dalam kemajuan kerja sama bilateral ini.

"Jangkar kemitraan Indonesia dan Australia pada 2050, atau tiga dekade dari sekarang adalah generasi muda kita," ucap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

3. Jokowi ingin tawarkan Ausindo Wave Australia-Indonesia Wave bagi generasi muda

Jokowi: Kerja Sama RI-Australia Ibarat Avengers Lumpuhkan ThanosPresiden Jokowi di Canberra, Australia, Senin 10 Februari 2020 (Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi juga menawarkan Ausindo Wave Australia-Indonesia Wave bagi generasi muda kedua negara ke depan.

"Kita harus tawarkan tren kedekatan Indonesia-Australia kepada generasi muda, menggelorakan kecintaan generasi muda Australia kepada Indonesia, dan sebaliknya, kecintaan generasi muda Indonesia kepada Australia," kata dia.

4. Jokowi sebut generasi muda adalah pemimpin masa depan

Jokowi: Kerja Sama RI-Australia Ibarat Avengers Lumpuhkan ThanosPresiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan PM Australia Scott Morrison, di Canberra, Australia, Senin 10 Februari 2020 (Biro Pers Kepresidenan)

Generasi muda, kata Jokowi, yang akan menjadi pemimpin masa depan. Investasi pada generasi muda akan memperkokoh kemitraan Indonesia-Australia ke depan.

"Kita sudah memiliki modal yang besar. Saat ini, terdapat 160 ribu siswa Australia belajar bahasa Indonesia dan 21 ribu pemuda Indonesia belajar di Australia," tutur mantan wali kota Solo itu.

"Jika ini terus dilakukan maka kemitraan Indonesia-Australia pada 2050, pada 1 abad umur kemitraan kedua negara akan bermanfaat bukan saja bagi rakyat kedua negara, tapi bagi dunia," kata dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Kunjungi Australia, Jokowi Belajar Tata Cara Pengelolaan Ibu Kota

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya