Jokowi Undang Pangeran MBZ ke Bali untuk Hadiri KTT G20

Uni Emirat Arab akan jadi tamu undangan di KTT G20 RI

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengundang Putra Mahkota Abu Dhabi, Mohammed Bin Zayed (MBZ), untuk hadir sebagai tamu pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 2022. Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Pangeran MBZ di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (3/11/2021).

"KTT G20 tahun depan akan diselenggarakan di Bali 30-31 Oktober 2022. Saya telah berencana mengundang Yang Mulia sebagai tamu presidensi Indonesia tahun depan. Saya sangat berharap Yang Mulia dapat menerima undangan saya ini," ujar Jokowi.

Atas ajakan Jokowi tersebut, Pangeran MBZ pun menyambut baik. Pada KTT G20 tahun depan, Indonesia mengusung tema Recover Together, Recover Stronger.

Baca Juga: Tiba di Uni Emirat Arab, Jokowi Akan Temui Pangeran MBZ

1. Uni Emirat Arab akan jadi tamu undangan di KTT G20

Jokowi Undang Pangeran MBZ ke Bali untuk Hadiri KTT G20Presiden Jokowi bertemu Putra Mahkota Mohamed bin Zayed. (dok. BIro Pers Kepresidenan)

Terkait ajakan Jokowi tersebut, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut bahwa Uni Emirat Arab akan menjadi salah satu tamu undangan di KTT G20 Indonesia mendatang.

"UAE akan menjadi salah satu tamu undangan untuk KTT G20 di bawah presidensi Indonesia," ujar Retno dalam keterangan persnya yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/11/2021).

Baca Juga: Bertemu Pangeran MBZ, Jokowi Bahas soal Ibu Kota Baru

2. Jokowi dan Pangeran MBZ juga membahas ibu kota baru dan investasi

Jokowi Undang Pangeran MBZ ke Bali untuk Hadiri KTT G20Presiden Jokowi bertemu Putra Mahkota Mohamed bin Zayed. (dok. BIro Pers Kepresidenan)

Selain membahas soal KTT G20 di Indonesia, dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Pangeran MBZ juga sempat membahas tentang ibu kota baru hingga investasi.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan Jokowi dan MBZ berkomitmen memperkuat kerja sama dan kemitraan dalam pembangunan ibu kota baru. Kedua pemimpin sepakat untuk menindaklanjuti secara intensif berupa pertemuan-pertemuan pada tingkat teknis.

"Beliau mengarahkan untuk terus diintensifkan khusus membahas mengenai pembangunan ibu kota baru," kata Retno.

Baca Juga: LPI Teken Kontrak Rp105 Triliun dengan Operator Pelabuhan UEA DP World

3. Jokowi dan MBZ bahas tentang travel corridor arrangement (TCA)

Jokowi Undang Pangeran MBZ ke Bali untuk Hadiri KTT G20Presiden Jokowi bertemu Putra Mahkota Mohamed bin Zayed. (dok. BIro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, Retno menyampaikan bahwa Jokowi dan MBZ juga membahas tentang travel corridor arrangement (TCA). Dia menuturkan, Indonesia telah memiliki TCA dengan UEA sejak 29 Juli 2020, di mana itu merupakan salah satu TCA pertama yang dimiliki Tanah Air pada masa pandemik. Menurut Retno, dengan adanya vaksin dan platform-platform perlindungan, maka TCA ini harus diperkuat.

"Oleh karena itu, kedua belah pihak telah sepakat untuk memperkuat TCA dengan saling pengakuan sertifikat vaksin dan juga integrasi platform perlindungan perjalanan," ujar Retno.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya