Longsor Salju di Kanada Tewaskan 3 Orang, 4 Terluka

3 sisanya ditemukan selamat

Jakarta, IDN Times - Tiga pemain ski tewas dan empat lainnya terluka dalam sebuah longsoran salju di Kootenay Rockies, British Columbia, Kanada bagian barat.

Kopral James Grandy dari Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengatakan, empat orang lainnya, termasuk seorang pemandu terluka ketika rombongan mereka yang terdiri dari 10 orang terjebak dalam longsoran salju sekitar tengah hari pada hari Rabu (1/3), waktu setempat, di daerah Panama Mountain Resort, sekitar 160 kilometer sebelah barat Calgary.

Baca Juga: Longsor Salju Jepang Tewaskan 2 Pemain Ski

1. Beberapa korban selamat alami luka serius

Longsor Salju di Kanada Tewaskan 3 Orang, 4 Terlukailustrasi gunung salju (unsplash.com/Yasmin Gomes)

Dilansir ABC News, Jumat (3/3/2023), para korban yang terluka, beberapa di antaranya dalam kondisi serius dan telah diterbangkan ke rumah sakit di Invermere dan diperkirakan akan selamat. Salah satu korban luka serius adalah pemandu.

Tiga pemain ski yang tersisa dalam rombongan tersebut telah ditemukan dalam keadaan selamat.

Nama dan kewarganegaraan korban tewas dan luka-luka masih dirahasiakan sambil menunggu pemberitahuan dari keluarga terdekat. Semua pemain ski adalah warga negara asing, kecuali pemandu.

2. Banyak korban tewas akibat longsoran salju sejak Januari

Longsor Salju di Kanada Tewaskan 3 Orang, 4 TerlukaIlustrasi salju. (unsplash.com/sukitsuparatpinyo)

Dalam laporan kepada CBC News, juru bicara Panama Mountain Resort mengatakan, longsoran salju terjadi di luar batas wilayahnya, tetapi mereka telah menutup beberapa lift di bagian atas untuk membantu petugas penyelamat.

Dilaporkan bahwa pada tahun 2023 telah terjadi 12 kematian akibat longsoran salju di British Columbia, yang menjadikannya salah satu tahun terburuk dalam catatan kematian akibat longsoran salju di provinsi tersebut.

Pada awal Januari, Avalanche Canada memperingatkan risiko tinggi longsoran salju yang besar dan menakutkan karena tumpukan salju yang tidak stabil.

Dua warga negara AS tewas akibat longsoran salju, ketika sedang bermain ski di British Columbia pada bulan Januari.

Baca Juga: Longsor Salju Jepang Tewaskan 2 Pemain Ski

3. Penyebab longsoran salju

Longsor Salju di Kanada Tewaskan 3 Orang, 4 Terlukailustrasi gunung salju (unsplash.com/Jean Woloszczyk)

Dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, koordinator komunikasi Avalanche Canada, Lisa Perazzoli, mengatakan bahwa longsoran salju yang fatal pada hari Rabu itu berukuran tiga, cukup besar untuk mengubur dan menghancurkan sebuah mobil, merusak sebuah truk, menghancurkan sebuah bangunan dan mematahkan pepohonan.

Dia mengatakan longsoran tersebut pecah pada aspek barat daya di ketinggian Alpine, sekitar 2.500 meter, dan merupakan longsoran lempengan yang dalam dan terus-menerus. Itu disebabkan oleh lemahnya lapisan dasar pada musim ini.

"Musim longsoran salju tahun ini terganggu oleh lapisan lemah yang terkubur dalam di sebagian besar wilayah Kanada Barat, menjadikannya tumpukan salju yang sangat sulit untuk dikelola dengan aman," katanya.

"Lapisan yang lemah ini telah menyebabkan banyak longsoran salju dengan konsekuensi tinggi sejak pembentukannya," dia menambahkan.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya