Sering Dijuluki Vrindavan, Ini 5 Fakta Tentang India

negara dengan serba-serbi keunikan

Siapa yang tidak kenal dengan India? Ya negara yang dijuluki Vrindavan oleh warganet ini adalah negara yang pasti sudah tidak asing lagi didengar oleh kita. Selain terkenal dengan drama dan sinetron yang kerap tampak di layar televisi kita, ternyata banyak hal lain tentang negara ini yang belum kita ketahui.

Belum lama ini, negara ini sempat membuat heboh jagad maya dengan berbagai keunikannya. Tak jarang, negara ini dibanjiri komentar pro dan kontra karena tingkah laku masyarakatnya.

Apa saja sih fakta mencengangkan tentang negara ini yang belum banyak diketahui? Yuk sama-sama kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Negara terkotor di dunia

Sering Dijuluki Vrindavan, Ini 5 Fakta Tentang Indiailustrasi kondisi jalan di India (unsplash/Sarvesh Bhagat)

Dilansir dari temuan 2020 World Air Quality Report yang dirilis oleh IQAir menyebutkan bahwa, India adalah negara paling kotor ke-3 di dunia. Hal ini disebabkan karena masyarakat India terbiasa untuk meludah, buang air kecil, buang air besar, dan sampah dijalanan.

Perdana mentri india telah meluncurkan kampanye Swachh Bharat Mission
Government Programme, yaitu program membangun toilet rumah untuk 12 juta rumah tangga perkotaan, 25 juta toilet umum, dan 30 juta toilet komunitas. Secara keseluruhan, lebih dari 300 juta akan dibantu dengan “praktik pengelolaan limbah padat” yang pelaksanaan peluncurannya harus dicapai pada tahun 2019 lalu. Namun, ternyata program tersebut gagal dan sia-sia.

Belum lagi masalah polusi, melansir Frontiers disebutkan bahwa polusi udara luar ruangan India telah menjadi penyebab utama kematian ke-5 setelah tekanan darah tinggi sedangkan polusi udara dalam ruangan, gizi buruk dan merokok pada tahun 2012 menyebabkan sekitar 0,62 juta kasus kematian dini.

2. Negara dengan militer terkuat

Sering Dijuluki Vrindavan, Ini 5 Fakta Tentang Indiatentara india (unsplash/ Mitul Gajera)

Mungin sebagian dari kita berfikir bahwa, India tak lebih dari sebuah negara miskin yang memiliki populasi yang berlebih. Namun jangan salah pasalnya, negara ini ternyata memiliki kekuatan militer yang sangat tangguh lho.

Melansir Global Fire Power, India saat ini menempati peringkat ke-4 dari 142 negara, dengan skor PowerIndex sebesar 0,0979. Diketahui saat ini india memiliki pesawat berjumlah 2.182 unit, 12.000 kendaraan lapis baja, 4.614 tank dan masih banyak lagi.

3. Menguasai ilmu teknologi dunia

Sering Dijuluki Vrindavan, Ini 5 Fakta Tentang Indiailustrasi coding IT (unsplash/ Florian Olivo)

Baca Juga: 11 Minuman Tradisional India Terpopuler dengan Rasa Unik, Pernah Coba?

Banyak diantara kita yang mengaggap bahwa, India adalah negara terbelakang. Ternyata, India adalah salah satu negara dengan penguasaan ilmu teknologi terbaik di dunia lho.

Melansir Financial Express, India adalah negara yang berhasil menempati urutan ke-2 sebagai negara dengan inovasi teknologi paling menjanjikan mengalahkan China. Selain itu, India juga adalah negara yang sangat menarik perhatian perusahaan teknologi untuk berinvestasi. Karena, pemerintah India telah menciptakan berbagai kebijakan untuk menarik investor dari perusahaan teknologi ke negara tersebut.

Bahkan yang menarik saat ini adalah, banyak sekali orang-orang terkenal dari india yang telah berhasil dalam teknologi. Di antaranya ada Sundar Pichai, yaitu CEO dari perusahaan teknologi Google dan Satya Nadella yang saat ini menjadi CEO dari perusahaan perangkat lunak komputer Microsoft.

4. Negara dengan miliarder terbanyak

Sering Dijuluki Vrindavan, Ini 5 Fakta Tentang Indiailustrasi kekayaan (unsplash/rupixen.com)

Pasti banyak diantara kita yang menganggap India tak lebih dari negara berkembang yang miskin. Jangan salah lho, pasalanya India saat ini adalah salah satu negara dengan jumlah miliarder terbanyak.

Melansir World Population Review, India saat ini memiliki 140 miliarder yang memiliki kekayaan dengan aset lebih dari 30 juta dolar AS yang membuat India menempati urutan ke-3 sebagai negara dengan miliarder terbanyak di belakang Amerika Serikat dan China.

5. Negara pertama yang memproduksi gula

Sering Dijuluki Vrindavan, Ini 5 Fakta Tentang Indiailustrasi gula (unsplash/Sharon McCutcheon)

Siapa di sini yang tidak pernah mengkonsumsi gula? Gula merupakan ekspor penting di banyak negara di dunia. Namun siapa sangka ternyata, India adalah negara pertama yang memproduksi gula lho.

Dilansir dari World Population Review Countries, dari 10 negara teratas India saat ini menempati urutan ke-2 setelah brasil sebagai negara dengan produksi gula terbanyak di dunia.

India saat ini telah berkembang pesat, walaupun negara ini belum dikategorikan sebagai negara maju namun ternyata masih banyak hal yang masih belum kita ketahui tentang negara ini.

Nah, setelah membaca artikel di atas, apa pendapatmu tentang negara ini?

Baca Juga: 5 YouTuber Indonesia Tampilkan Konten Unik Negeri India

twips Photo Writer twips

Tech, World news, Issue, Politic, Social-economic.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya