Gempa 6,1 SR Mengguncang Iran Barat, Dekat Perbatasan Irak

Semoga tidak banyak korban

Javanrud, IDN Times - Sebuah gempa dengan kekuatan 6,1 SR mengguncang Iran barat yang berdekatan langsung dengan perbatasan Irak. Gempa tersebut mengguncang sekitar 20 mil dari Provinsi Kermanshah, Javanrud. Berdasarkan laporan, gempa juga dirasakan di Kudistan.

1. Kekuatan dan pusat gempa

Gempa 6,1 SR Mengguncang Iran Barat, Dekat Perbatasan Iraktelesurtv.net/USGS

Dilansir dari Daily Star, menurut laporan USGS, gempa yang terjadi di Javanrud memiliki kedalaman sekitar 6 mil (9,6 km) dan pusat gempa memiliki kedalaman 19 mil (31 km).

Sebelumnya kekuatan gempa dilaporkan pada angka 6,2 SR, namun diturunkan menjadi 6,1 SR. Gempa berkekuatan 6,1 ini terasa meluas hingga ratusan mil/kilometer dari pusat gempa.

2. Efek gempa tersebut

Gempa 6,1 SR Mengguncang Iran Barat, Dekat Perbatasan Iraktehrantimes.com

Media lokal mengabarkan bahwa beberapa orang terluka telah dilarikan ke rumah sakit di Javanrud. Terdapat juga laporan bahwa satu orang telah meninggal dan 20 lainnya terluka.

Berdasarkan Express.co.uk, gempa dengan kekuatan 6 ini termasuk ke dalam kategori "kuat". Menurut skala Richter, efeknya mungkin termasuk kerusakan pada sejumlah struktur yang dibangun dengan baik di daerah padat penduduk, dan kerusakan parah pada struktur yang dirancang dengan buruk.

3. Iran juga diguncang gempa tahun lalu

Gempa 6,1 SR Mengguncang Iran Barat, Dekat Perbatasan Iraktcnjsignal.net/AP Photo

Gempa yang mengguncang Iran tahun lalu dengan kekuatan 7,3 SR menjadi gempa terkuat yang pernah melanda Iran selama lebih dari satu dekade. Gempa yang juga mengguncang Provinsi Jermansheh tersebut telah memakan 530 korban meninggal dan ribuan orang mengalami luka-luka.

Maya Photo Verified Writer Maya

A teen aspiring writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya