Comscore Tracker

Topan Mekunu Serang Oman Selatan, Satu Orang Tewas

Korban tersapu angin dan terhempas pada dinding

Salalah, IDN Times - Topan Mekunu pada Jumat (25/5/2018) menyerang Oman selatan disertai angin kencang dan hujan, menewaskan sedikitnya satu orang dan melukai tiga orang, sehari setelah menimbulkan kekacauan di pulau Socotra Yaman.

Direktorat jenderal meteorologi Oman mengatakan pusat topan itu menyerang barat Salalah, kota terbesar kedua di negara bagian Gulf, Jumat malam, disertai dengan angin kencang, hujan deras, dan air pasang yang tinggi.

1. Topan Mekunu itu menewaskan seorang gadis berusia 12 tahun dan melukai tiga orang lainnya

Topan Mekunu Serang Oman Selatan, Satu Orang TewasTimesofoman.com

Topan Mekunu yang menyerang Oman selatan telah menewaskan satu orang gadis berusia 12 tahun dan melukai tiga orang lainnya.

Dilansir dari BBC, polisi setempat mengatakan bahwa gadis itu meninggal setelah angin menyapunya dan menghempaskan tubuhnya pada dinding.

2. Kekuatan topan itu sempat bertambah

Topan Mekunu Serang Oman Selatan, Satu Orang TewasAxios.com/U-Wisconsin

Televisi negara bagian sempat menunjukkan keadaan pada wilayah yang cukup luas mengalami banjir di provinsi-provinsi Dhofar dan al-Wusta, dengan lusinan kendaraan yang terendam.

Kekuatan topan itu bertambah pada hari Jumat, tapi sekarang sudah berkurang dan semakin melemah, sehingga akan berubah menjadi badai tropis.

3. Topan itu juga menyerang wilayah Yaman

Topan Mekunu Serang Oman Selatan, Satu Orang TewasNgnews.ca

Topan itu juga menyerang wilayah-wilayah di tenggara Yaman. Diwartakan oleh New Straits Times, ribuan penduduk dekat wilayah pesisir di dua provinsi sudah dievakuasi ketika angin itu mencapai kecepatan 170 km/jam dan hujan deras mengguncang daerah pantai. Otoritas pertahanan sipil mengatakan mereka telah mendirikan 65 pusat penampungan di dua provinsi yang terkena dampak dan juga memerintahkan penduduk untuk tetap berada di luar bangunan.

Angin kencang telah menghasilkan gelombang setinggi 12 meter dan menyebabkan otoritas penerbangan sipil menutup bandara Salalah sampai tengah malam pada hari Sabtu. Pada hari Kamis, badai itu menghantam pulau Socotra di Yaman yang dilanda perang, menyebabkan sedikitnya 19 orang hilang, serta banjir besar dan kerusakan material.

Pada tahun 2007, Topan Gonu juga menyerang wilayah Oman, menewaskan setidaknya 49 orang dan menyebabkan kerugian sekitar 3,9 milyar dolar.

Maya Photo Community Writer Maya

A teen aspiring writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You