Debat Cawapres AS 2020, Benarkah Kamala Harris Beragama Hindu?

Dibesarkan di keluarga multiras

Jakarta, IDN Times – Laman BBC menyediakan forum soal pertanyaan apa yang paling mengganggu di benak pembacanya berkaitan dengan Pemilihan Presiden AS 2020? Seraya menyajikan secara langsung debat calon wakil presiden AS 2020, yang berlangsung pada Rabu (7/10/2020), media itu menjawab pertanyaan pembacanya.

Debat cawapres AS hanya diadakan satu kali, sementara debat capres digelar tiga kali.  Kamala Harris, senator dari California mewakili Partai Demokrat, berhadapan dengan petahana Wakil Presiden Mike Pence.

Debat cawapres diadakan setelah Presiden Donald J Trump mengumumkan dirinya positif COVID-19 dan sempat dirawat di rumah sakit militer. Dua kandidat cawapres tampil di panggung debat, masing-masing dilindungi penyekat kaca untuk mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Rekam Jejak Kamala Harris, Cawapres Kulit Hitam Pilihan Joe Biden

1. Banyak yang bertanya soal agama Kamala Harris

Debat Cawapres AS 2020, Benarkah Kamala Harris Beragama Hindu?Senator Amerika Serikat Kamala Harris menerima nominasi wakil presiden dari Demokrat saat pidato penerimaan dilakukan secara daring dalam Konvensi Nasional Demokrat 2020 dari Chase Centerdi Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Rabu (19/8/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kevin Lamarque)

Forum yang dibuat BBC menerima banyak pertanyaan, tetapi menjelang debat cawapres pertanyaan apa agama Kamala Harris melonjak. Joel, 60 tahun, dari India, bertanya, “Apakah Kamala Harris beragama Hindu?” Pertanyaan itu memicu lonjakan 3.900 persen di Google sejak debat dilakukan.

“Jawaban pendeknya adalah, Kamala Harris menjalankan agama Kristiani.  Dia adalah umat Kristiani yang dibaptis, dan saat menjadi senator dia meletakkan sumpah di atas kitab suci Bible,” demikian jawaban tim redaksi.

Ibu Harris, Syamala Gopalan, lahir di Chennai, India dan berimigrasi ke AS dan menjadi peneliti kanker. Ayah Kamala, Donald Harris,  lahir di Jamaika, berimigrasi ke AS dan menjadi guru besar ekonomi di Universitas Stanford, California. Donald Harris beragama Kristiani.   Keluarga Kamala Harris mengikuti kegiatan di Gereja Baptis untuk kulit hitam dan juga ke Kuil Hindu. 

Suami Kamala Harris, Douglas Emhoff, beragama Yahudi.

Praktis, Kamala Harris berada dalam lingkungan keluarga yang multi-kepercayaan.

2. Pastor di gereja mengingat Kamala Harris warisi tradisi terbaik dua sosok panutan HAM

Debat Cawapres AS 2020, Benarkah Kamala Harris Beragama Hindu?Calon wakil presiden Amerika Serikat dari Demokrat Senator Kamala Harris menghadiri Community Conversation with African-American Leaders di ruang olahraga Florida Memorial University di Miami, Florida, Amerika Serikat, Kamis (10/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Marco Bello)

Menurut Joshua Dubois, komentator CNN yang juga mantan penasihat Gedung Putih di era Presiden Barack Obama, pendeta di Gereja Baptis San Francisco mengkonfirmasi bahwa Harris rajin ke gerejanya. Saat itu, Harris menjadi jaksa penuntut di distrik di San Francisco. Gereja itu memiliki sekitar 230 ribu jemaat.

“Saatnya berteriak. Waktunya menari, Waktunya bekerja! Dia menunjukkan tradisi terbaik dari Martin Luther King Jr dan Mahatma Gandhi -, seorang aktivis, pemikir dan pejuang,” kata pendeta Brown kepada Dubois.

Kedua tokoh itu adalah sosok dunia yang menjadi panutan dalam perjuangan Hak Asasi Manusia (HAM), kesetaraan dan keadilan.

3. Kamala Harris sering mengutip ayat Alkitab

Debat Cawapres AS 2020, Benarkah Kamala Harris Beragama Hindu?Kamala Harris sewaktu kecil bersama ibunya. twitter.com/KamalaHarris

Pada tahun 2017, saat berpidato di Gereja Ebenezer di Atlanta, di mana Martin Luther King Jr. Pernah menjadi pastor di sana, Harris berbicara soal agamanya.  “Tahukah Anda, bahwa semua nabi besar berbicara tentang keadilan hukum.  Dan mereka bicara tentang keadilan hukum dalam caranya masing-masing. Mereka bicara tentang itu dengan perhatian khusus bagi mereka yang ditindas, lelah dan yang lemah.”

Harris melanjutkan, “jadi, saya ingin menyampaikan apa yang ada di ayat 31.9 (Alkitab), “angkat bicara untuk yang miskin dan membutuhkan bantuan, dan lihatlah apakah mereka akan mendapatkan keadilan...”.

Kamala menceritakan bahwa dia lahir di Oakland, California, diantara dan di tempat di mana orang angkat bicara dan berjuang untuk keadilan dan kesetaraan di mata hukum. Kedua orang tua  Kamala Harris aktif ikut serta dalam gerakan hak-hak sipil.

Saat masih kecil, Kamala diajak ibunya ke Kuil Hindu untuk menyaksikan bagaimana  keadilan hukum diajarkan di agama ini. Ayah dan Ibu Kamala bercerai saat dia berusia tujuh tahun.

Menurut survei Pew Research pada tahun 2014, di AS ada 70,6 persen dari populasinya beragama Kristiani.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Debat Cawapres AS 2020, Bahas soal Aborsi

Topik:

  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya