Presiden Erdogan Sebut Turki Siap Lindungi Bandara Kabul dari Taliban

Bahkan siap bertemu dengan para pemimpin Taliban

Jakarta, IDN Times - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, pihaknya siap melindungi bandara Kabul dari Taliban. Erdogan menambahkan, pernyataan itu sedang dibicarakan dengan sejumlah pihak terkait. 

"Kami bertujuan untuk memastikan keamanan bandara dan berkontribusi pada keamanan negara ini setelah penarikan (pasukan) Amerika. Kami mempertahankan niat ini," ujar Erdogan dikutip dari AFP, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga: Afghanistan Dikuasai Taliban, Taiwan: Saatnya Kami Perkuat Pertahanan 

1. Melakukan perencanaan sesuai dengan kondisi

Presiden Erdogan Sebut Turki Siap Lindungi Bandara Kabul dari TalibanANTARA FOTO/Cem Oksuz/Presidential Press Office/Handout via REUTERS

Erdogan menuturkan bahwa pihaknya akan merangkai skema pengamanan bandara Kabul sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Kami juga sedang bernegosiasi terkait hal itu," kata Erdogan.

Keterangan Erdogan merujuk pada negosiasi Turki dengan Amerika Serikat (AS) dalam upaya mengamankan dan menjamin operasional bandara Kabul tetap berjalan. 

Selain pengamanan bandara, Turki juga membicarakan tentang kemungkinan untuk mempertahankan misi diplomatik pihak-pihak asing, terkhsus setelah Taliban dengan cepat menguasai Afghanistan.  

Baca Juga: IMF Tangguhkan Akses Pinjaman Afghanistan Setelah Dikuasai Taliban

2. Erdogan siap bertemu dengan para pemimpin Taliban

Presiden Erdogan Sebut Turki Siap Lindungi Bandara Kabul dari TalibanPresiden Turki Tayyip Erdogan memberikan sambutan pada pengunjung pameran teknologi dan dirgantara Teknofest di Istanbul, Turki, pada 2 September 2019. ANTARA FOTO/Murat Cetinmuhurdar/Presidential Press Office/Handout via REUTERS

Turki berkomitmen untuk mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang. Erdogan mengatakan, dia akan mendukung Afghanistan siapa pun yang memegang kekuasaan nantinya. Dia bahkan siap untuk bertemu dengan pemimpin Taliban.

"Kami menyambut baik pernyataan yang terkendali dan moderat yang dibuat oleh Taliban," ujar Erdogan.

"Demi ketenganan rakyat Afghanistan, kesejahteraan kerabat Turki kami yang tinggal di sana, dan melindungi kepentingan negara kami, kami terbuka untuk kerja sama apa pun," lanjutnya.

Baca Juga: Tolak Demokrasi, Taliban Ingin Terapkan Syariah Islam di Afghanistan  

3. Mengevakuasi 525 warga Turki dari Kabul

Presiden Erdogan Sebut Turki Siap Lindungi Bandara Kabul dari TalibanMasyarakat Turki yang menghalangi Prajurit Turki untuk melancarkan aksi kudetanya, pada 15 Juli 2016. twitter.com/ShamaJunejo

Sampai saat ini, sekitar 552 warga Turki telah dievakuasi dari Kabul. Selain itu, para pejabat AS tetap berkomunikasi dengan Ankara untuk mengatur keamanan bandara dan telah menyatakan terima kasih atas peran Turki dalam mengevakuasi warga sipil.

Dilansir dari Al Jazeera, Taliban sebelumnya berjanji tidak akan mengganggu proses evakuasi staf kedutaan asing. Setelah memenangkan perang dan menguasai istana negara, Taliban berkomitmen tidak menggunakan kekuasaannya untuk membalas perbuatan negara-negara Barat, yang selama 20 tahun memerangi militan Islam itu. 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya