Comscore Tracker

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan Israel

Benjamin Netanyahu berjanji serangan akan terus berlangsung

Jakarta, IDN Times - Ketegangan antara Israel dengan Palestina di Jalur Gaza telah memasuki hari ke-7, terhitung sejak 10 Mei 2021. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah meminta Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menghentikan serangan.

Namun, hingga saat ini, belum ada indikasi Israel akan menarik pasukan dari jalur Gaza dan menghentikan serangan udara. Sebaliknya, Netanyahu justru berjanji akan terus menggempur Gaza dengan kekuatan penuh. Dia mengatakan, Hamas harus "membayar" segala kerusakan yang telah mereka sebabkan. 

Serangan bertubi-tubi Israel Defense Forces (IDF) telah meluluhlantahkkan Gaza. Ratusan orang meninggal dan ribuan lainnya luka-luka. Bagaimana kondisi Gaza sejak Israel melancarkan serangan? Berikut IDN Times sajikan 10 gambaran terbaru Gaza. 

Baca Juga: Israel Tembakkan Rudal ke Kantor Berita AP dan Al Jazeera di Gaza

1. Otoritas Kesehatan Gaza melaporkan, serangan yang berlangsung sejak 10 Mei 2021 itu telah menewaskan 192 orang, 58 di antaranya adalah anak-anak

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelTampilan satelit menunjukkan bangunan hancur akibat serangan udara di Kota Gaza, Rabu (12/5/2021). ANTARA FOTO/Satellite image 2021 Maxar Technologies/Handout via REUTERS.

2. Tercatat lebih dari 1.582 warga Gaza luka-luka. Serangan juga menghancurkan 76 gedung dan 725 rumah

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelWarga Palestina berkumpul di lokasi rumah-rumah yang hancur setelah serangan udara dan artileri Israel saat kekerasan lintas batas antara militer Israel dan militan Palestina berlanjut, di Jalur Gaza utara, Jumat (14/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem.

Baca Juga: Mengenal Yerusalem, Kota Suci yang Diperebutkan Israel dan Palestina

3. Netanyahu dengan bangga menyebut serangan yang melakukan adalah upaya untuk melumpuhkan organisasi terorisme Hamas

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelApi dan asap muncul selama serangan udara Israel di tengah meningkat nya kekerasan Israel-Palestina, di Jalur Gaza selatan, Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa.

4. Sebanyak 17 ribu warga Gaza kehilangan tempat tinggal dan lebih dari 250 ribu orang kehilangan akses untuk memperoleh air bersih

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelSeorang bocah Palestina menarik gerobak yang membawa saudaranya dan barang-barang mereka saat mereka melarikan diri dari rumah mereka selama serangan udara dan artileri Israel, dekat lokasi bangunan menara yang hancur dalam serangan sebelumnya di Kota Gaza, Jumat (14/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem.

5. Pemerintah Mesir sejak akhir pekan menyampaikan bahwa mereka menyiapkan rumah sakit bagi warga Gaza yang membutuhkan perawatan intensif

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelWarga Palestina menaiki becak auto melarikan diri saat serangan udara dan artileri Israel saat kekerasan lintas batas antara militer Israel dan militan Palestina terus berlanjut, di utara Jalur Gaza, Jumat (14/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem.

6. Hingga saat ini, Israel belum membeberkan bukti bahwa gedung-gedung yang mereka serang merupakan basis operasi Hamas

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelPetugas pemadam kebakaran Israel memadamkan mobil yang terbakar setelah sebuah roket diluncurkan dari Jalur Gaza, di Ashkelon, Israel selatan, Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Nir Elias.

7. Selain melancarkan serangan udara, Israel juga telah menurunkan pasukan militer dan alutsista darat di dekat perbatasan Gaza. Meski begitu, Israel menuding tuduhan bahwa agresi yang mereka lakukan adalah upaya untuk merebut kembali Gaza

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelPrajurit Israel dari sebuah unit artileri berkumpul di dekat perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza, di sisi Israel, Jumat (14/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Amir Cohen.

Baca Juga: Kondisi Memanas, Hamas dan Israel Berbalas Serangan Roket

8. Netanyahu berjanji bahwa Israel akan terus menyerang Gaza dengan kekuatan penuh sampai tujuan mereka tercapai

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelWarga Palestina melihat reruntuhan bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel, di tengah gejolak kekerasan Israel-Palestina, di Kota Gaza, Kamis (13/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Suhaib Salem.

9. Israel bahkan mengebom gedung bertingkat yang menjadi kantor media Al Jazeera, dengan alasan Hamas menggunakan gedung tersebut sebagai lokasi menyusun strategi untuk membunuh warga sipil Israel

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelAsap menyelimuti sebuah gedung saat hancur akibat serangan udara Israel ditengah gejolak kekerasan Israel-Palestina, di Kota Gaza, Rabu (12/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa.

10. Konflik tahun ini menjadi ketegangan terparah di Gaza sejak 2014. Patut disayangkan karena konflik memanas ketika Idul Fitri, hari yang seharusnya menjadi momen sakral bagi umat Islam Palestina

10 Potret Gaza, Penuh Puing dan Korban usai Digempur Serangan IsraelSaudara laki-laki Palestina Ahmed Al-Shenbari, yang terbunuh di tengah meningkat nya kekerasan Israel-Palestina, bereaksi ketika pelayat membawa tubuhnya selama pemakamannya di Jalur Gaza utara Mei, Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem.

Semoga konflik Israel-Palestina segera mereda dan solusi bisa dicapai demi mengentikan korban jiwa.

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya