5 Fakta Taiwan Lantern Festival 2023, Padukan Teknologi dan Budaya!

Ada lebih dari 300 lentera yang lucu dan keren

Taipei, IDN Times – Taiwan Lantern Festival 2023 (Festival Lentera Taiwan) resmi dibuka di Taipei pada Minggu (5/2/2023). Kementerian Pariwisata Taiwan berharap, perhelatan yang akan berlangsung hingga 19 Februari 2023 ini mendatangkan lebih dari 10 juta pengunjung.

Untuk lebih lengkapnya, berikut IDN Times sajikan seputar fakta-fakta Taiwan Lantern Festival 2023!

Baca Juga: Taiwan Lantern Festival 2023 Digelar di Taipei, Teknologinya Ciamik!

1. Festival urban terbesar di Taiwan

5 Fakta Taiwan Lantern Festival 2023, Padukan Teknologi dan Budaya!Taiwan Lantern Festival 2023 (Dok. Taipei City Government)

Taiwan Lantern Festival diselenggarakan di pusat kota dan sentra bisnis Taipei yang dibagi menjadi empat zona, yaitu Sun Yat-Sen Memorial Hall, East District, Songshan Cultural and Creative Park, dan Xinyi Commercial District. Festival digelar di atas lahan seluas 168 hektare, menghadirkan lebih dari 300 lentera, dan memiliki 12 area lentera. Praktis menjadikannya sebagai festival urban terbesar di Taiwan.  

Para pengunjung akan dimanjakan dengan satu lentera utama, yaitu robot kelinci bernama Brilliant Light of Jade Hare. Selain itu, ada juga enam secondary lantern yang berbentuk naga, burung, akar pohon, dan masih banyak lagi. 

“Lentera utama kita adalah robot kelinci di angkasa. Festival lentera kali ini sangat spesial karena kami memadukan teknologi dan kerajinan tangan. Dan ini adalah pertama kalinya kami menggunakan teknologi dalam festival lentera,” kata Director General Tourism Bureau Taiwan, Chang Shi-Chung.

Baca Juga: Taiwan Lantern Festival 2020 Resmi Dibuka, Terbesar Sepanjang Sejarah!

2. Kembali digelar di Taipei

5 Fakta Taiwan Lantern Festival 2023, Padukan Teknologi dan Budaya!Taiwan Lantern Festival 2023 (Dok. Taipei City Government)

Taiwan Lantern Festival pertama kali digelar pada 1990 di Taipei dan selama 10 tahun selalu digelar di ibu kota. Kemudian, sejak 2001 Kementerian Pariwisata memutuskan untuk menggelarnya bergiliran di berbagai kota. Setelah 23 tahun, akhirnya Festival Lentera Taiwan ke-34 ‘pulang kampung’ ke Taipei.

“Setelah kembali ke Taipei, kami membuatnya spesial baik dari skala festival atau sumber daya yang dikerahkan. Karena itu kami memilih tema light up the future. Harapannya, selain menikmati lentera, semua orang juga bisa menikmati sisi kota,” ujar Chang.

Adapun Taiwan Lantern Festival 2024 akan digelar di Tainan dan tahun 2025 akan digelar di Taoyuan.

“Usai festival ini berakhir, kami akan langsung mempersiapkan untuk festival lentera di Tainan,” kata Chang.

Baca Juga: 10 Foto Indahnya Taiwan Lantern Festival 2020, Ada 1.500 Lebih Lentera

3. Festival pembuka di 2023

5 Fakta Taiwan Lantern Festival 2023, Padukan Teknologi dan Budaya!Taiwan Lantern Festival 2023 (Dok. Taipei City Government)

Pemerintah Taiwan berharap tahun 2023 menjadi titik balik kebangkitan pariwisata, karena sudah tidak ada lagi kewajiban karantina bagi pelancong asing.

Untuk menggaet wisatawan mancangeara, Taiwan juga mempersiapkan beragam penawaran, seperti diskon pesawat, promo bundling tiket pesawat dengan transportasi umum, hingga tiket yang bisa ditukarkan dengan makanan di sejumlah convenience store.

“Festival ini menandakan bahwa Taiwan sudah dibuka kembali, sudah siap menyambut turis asing. Mungkin belum banyak orang yang akan datang, tapi ini adalah harapan bahwa nantinya akan lebih banyak orang datang ke sini,” tutur Chang.

4. Selalu digelar menyambut purnama pertama di kalender China

5 Fakta Taiwan Lantern Festival 2023, Padukan Teknologi dan Budaya!Taiwan Lantern Festival 2023 (IDN Times/Vanny El Rahman)

Selain dihelat di Taipei, festival lentera juga digelar di kota-kota lainnya, termasuk Tainan dan Hualien. Festival ini selalu digelar menyambut bulan purnama pertama dalam kalender China, sebagai bentuk mencari keberkahan.

Adapun lentera merupakan simbol harapan, kejayaan, dan masa depan yang baik.

“Lentera utama kita adalah robot kelinci di angkasa. Kelinci main lantern memiliki dua roket di bagian belakang, yang ketika diluncurkan seperti terbang ke angkasa, artinya Taiwan sudah siap untuk masa depan yang lebih tinggi,” kata Chang.

Sebagai informasi, Taiwan Lantern Festival dijuluki CNN dan Discovery Channel sebagai One of The Best Festival in The World dan World Night View Heritage.

5. Menghidupkan kembali tradisi lokal Taiwan di tengah modernitas

5 Fakta Taiwan Lantern Festival 2023, Padukan Teknologi dan Budaya!Taiwan Lantern Festival 2023 (Dok. Taipei City Government)

Apa yang membedakan Taiwan Lantern Festival dengan festival lentera lainnya adalah filsafat di balik setiap instalasinya.

“Setiap tahun kami mengadakan festival lentera untuk mengangkat kembali traditional Chinese society yang perlahan mulai memudar. Jadi apa yang kita pamerkan adalah menginspirasi tradisi China,” ungkap Chang.

“Kami ingin menyajikan lentera yang menggabungkan antara teknologi dengan kerajinan tangan. Agar merasakan suasana pagi dan malam yang berbeda. Taipei adalah kota di mana modernitas dan tradisional hadir berdampingan. Taipei jugua rumah untuk situs-situs paling bersejarah di Taiwan,” kata Chief Secretary of Department of Information and Tourism Taipei City Government, Hsiao Chun-Chieh.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya