83 WNI-WNA dari Ukraina Tiba di RI, Menlu: Selamat Datang di Indonesia

Ada 80 WNI dan 3 WNA yang dievakuasi ke Indonesia

Jakarta, IDN Times – Sebanyak 80 warga negara Indonesia (WNI) dan 3 warga negara asing (WNA), yang merupakan keluarga dari WNI, yang dievakuasi dari Ukraina telah tiba di Tanah Air. Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan pesawat Garuda Indonesia pada Kamis (3/3/2022) pukul 17.10 WIB.

“Kepada WNI yang baru saja dievakuasi dari Ukraina, saya sampaikan selamat datang di Tanah Air dan selamat berkumpul dengan keluarga. Terus jaga protokol kesehatan,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, saat memberikan keterangan pers.

Pesawat yang diterbangkan dari Indonesia lepas landas di Bukares, Rumania. Berikut kronologi lengkapnya.

1. Kronologi penjemputan di Bukares

83 WNI-WNA dari Ukraina Tiba di RI, Menlu: Selamat Datang di IndonesiaSuasana evakuasi WNI dari Ukraina di Bandara Soekarno-Hatta (YouTube/MoFa Indonesia)

Berdasarkan penuturan Retno, tim penjemput berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (2/3/2022) pukul 18.40 WIB dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bukares pada Rabu (3/3/2022) pukul 15.10 waktu setempat.

Setelah 5,5 jam mendarat, pesawat terbang kembali ke Indonesia pada pukul 20.23 waktu setempat.

“Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bukares-Madinah-Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam,” kata Retno.

Baca Juga: 8 Potret Di Balik Layar Evakuasi WNI dari Ukraina, Prosesnya Sulit!

2. Ada 14 WNI yang masih harus tinggal di Bukares

83 WNI-WNA dari Ukraina Tiba di RI, Menlu: Selamat Datang di IndonesiaSuasana evakuasi WNI dari Ukraina di Bandara Soekarno-Hatta (YouTube/MoFa Indonesia)

Sayangnya, masih ada 14 WNI yang harus tinggal di Bukares karena sejumlah kendala, antara lain 12 WNI positif COVID-19 dan 2 lainnya memilih tinggal di sana, karena anaknya terpapar corona.

“14 orang tersebut akan terus dipantau dan didampingi oleh KBRI di Bukares. Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial,” tutur Retno.

3. Menlu sampaikan apresiasi kepada pihak yang membantu evakuasi

83 WNI-WNA dari Ukraina Tiba di RI, Menlu: Selamat Datang di IndonesiaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pada kesempatan yang sama, Retno menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses evakuasi hingga pemulangan, termasuk KBRI Bukares, Warsawa, Kiev, dan Moskow.

“Beserta seluruh tim yang telah bahu-membahu bekerja sama melakukan evakuasi yang sangat tidak mudah ini,” kata Retno.

“Apresiasi yang sama saya sampaikan kepada tim penjemput yang terdiri dari Mabes TNI, BIN, Garuda Indonesia, dan instansi lain yang banyak membantu kelancaran penjemputan. Terima kasih juga kepada Pak Menteri Pertahanan yang telah memberikan advice selama proses evakuasi,” tambahnya.

Baca Juga: Keterangan Lengkap Menlu Retno soal Evakuasi WNI dari Ukraina

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya