Comscore Tracker

Akahkah PM Muhyiddin Yassin Dilengserkan? September Penentuannya!

Nasib Perdana Menteri Malaysia di ujung tanduk

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengabarkan bahwa Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah telah menerima usulan Parlemen terkait upaya pelengseran dirinya. Parlemen berencana mengajukan mosi tidak percaya kepada pemerintahan yang dipimpin Muhyiddin pada pertemuan September mendatang.  

Dilansir dari The Straits Times, pernyataan itu disampaikan oleh Muhyiddin pada Rabu (4/8/2021), beberapa jam setelah 11 anggota Parlemen dari Partai UMNO menarik dukungannya. Kendati begitu, Muhyiddin yakin mayoritas anggota Parlemen masih mendukungnya.

"Saya sadar posisi saya sebagai Perdana Menteri terus dipertanyakan. Karena itu, saya telah memberi tahu Raja bahwa saya akan menentukan legitimasi saya di Parlemen ketika berkumpul pada September," kata Muhyiddin.

1. Muhyiddin yakin mayoritas Parlemen mendukungnya

Akahkah PM Muhyiddin Yassin Dilengserkan? September Penentuannya!Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. (ANTARA Foto/Ho-FB Muhyiddin)

Anggota parlemen dari UMNO, partai terbesar Malaysia, pada Selasa (3/8/2021) mengumumkan bahwa mereka tidak lagi mendukung pemerintahan Muhyiddin. Jika benar demikian, Muhyiddin hanya memperoleh dukungan 104 dari 220 anggota Parlemen.

Tetapi, Muhyiddin mengklaim mayoritas parlemen masih mendukungnya.

"Saya telah menerima sejumlah pernyataan dari anggota parlemen yang meyakinkan saya, bahwa saya masih memiliki kepercayaan mayoritas. Oleh karena itu penguduran diri saya tidak akan muncul,” ujar Muhyiddin yang juga presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia.

2. Simpang siur soal jumlah politikus UMNO yang menarik dukungan

Akahkah PM Muhyiddin Yassin Dilengserkan? September Penentuannya!Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin. (ANTARA FOTO/Agus Setiawan)

Ketika Presiden UMNO Zahid Hamidi mengumumkan bahwa mereka tidak lagi mendukung Muhyiddin pada Selasa malam, diketahui ada 11 anggota yang hadir. Namun, Muhyiddin mengatakan Sultan Abdullah hanya menyebut 8 anggota Parlemen yang telah menarik dukungannya dalam surat yang diterima raja.

Politikus UMNO yang menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya, Alam Shamsul Anuar Nasarah, telah mengundurkan diri dari Kabinet pada hari Selasa. Tapi dia tidak hadir pada konferensi pers Zahid. Beberapa anggota parlemen UMNO yang menarik dukungan, menghadapi tuduhan korupsi, termasuk Zahid dan mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Baca Juga: Oposisi Diadang ke Parlemen, Anwar Ibrahim-Mahathir Mohamad Tuding Ini

3. Ketegangan politik bermula dari perbedaan pendapat antara raja dengan pemerintah

Akahkah PM Muhyiddin Yassin Dilengserkan? September Penentuannya!Raja Malaysia Sultan Abdullah Riayatuddin Al-Mustafa Billah Shah (Kantor berita Anadolu)

Ketegangan politik antara Muhyiddin dengan Sultan Abdullah terjadi sejak Menteri Hukum Takiyuddin Hassan mencabut aturan yang dibuat raja terkait penanganan pandemik COVID-19. Anggota Parlemen mengajukan mosi tidak percaya karena Muhyiddin dianggap mengolok-ngolok keputusan raja, sekaligus dituduh gagal menangani pandemik.

Pada Senin (2/8/2021), kubu oposisi Parlemen hendak berkumpul, namun dibubarkan oleh aparat karena 11 anggota dewan dilaporkan terpapar virus corona. Oposisi berdalih halangan itu merupakan akal-akalan pemerintah untuk menunda upaya pelengseran Muhyiddin.

Muhyiddin menegaskan bahwa segala keputusan pemerintah merupakan bagian dari mempertahankan kesucian monarki konstitusional Malaysia.

Baca Juga: Tuntut PM-nya Mundur, Ratusan Warga Malaysia Unjuk Rasa

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya