AS: China dan Rusia Gagal Berperan Memimpin Dunia di Perubahan Iklim

Biden kecewa Presiden China dan Rusia tidak hadiri COP26

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menuduh China dan Rusia gagal menunjukkan kepemimpinan dalam perubahan iklim. Pernyataan yang disampaikan pada Selasa (2/11/2021) itu merupakan kritik terhadap Presiden China, Xi Jinping, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang tidak menghadiri COP 26 di Glasgow.

"Fakta bahwa China sedang menunjukkan peran barunya sebagai pemimpin dunia tidak muncul, ayolah!” kata Biden, dikutip dari AFP.

“Itu (krisis iklim) adalah masalah besar dan mereka pergi. Bagaimana Anda melakukannya dan mengklaim dapat memiliki kepemimpinan?” tambah Biden.

1. Kritik Biden terhadap Xi dan Putin

AS: China dan Rusia Gagal Berperan Memimpin Dunia di Perubahan IklimPresiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. twitter.com/KremlinRussia_E; twitter.com/POTUS

China merupakan negara penghasil emisi karbon terbesar di dunia. Oleh sebab itu, kehadiran Xi sangat signifikan pada konferensi iklim yang dihelat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu. Sayangnya, Xi tidak hadir dan belum pernah meninggalkan China sejak awal pandemik COVID-19 pada awal 2020.

"Ini adalah kesalahan besar, terus terang, karena China tidak muncul. Seluruh dunia melihat China dan berkata 'nilai apa yang mereka berikan?'," ungkap Biden.

Kritikan yang lebih pedas juga dilontarkan kepada Putin, yang Juni lalu sempat menemui Biden di Jenewa. Rusia merupakan penghasil emisi terbesar keempat di dunia.

"Tundra-nya (daerah beku) terbakar, secara harfiah benar-benar terbakar. Dia memiliki masalah iklim yang serius dan serius, dan dia tidak mau melakukan apa pun," kata Biden.

Baca Juga: China Sebut Minyak Mentah Masih Menjadi Sumber Energi Utamanya

2. Biden tegaskan Amerika kembali ke panggung global

AS: China dan Rusia Gagal Berperan Memimpin Dunia di Perubahan IklimMantan Presiden AS Donald Trump saat melakukan reli kampanye di Bandara Muskegon di Muskegon, Michigan, Amerika Serikat, Sabtu (17/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

Pada saat yang sama, Biden menegaskan kembali bahwa AS telah kembali. Pernyataan itu merujuk pada kebijakan Donald Trump yang skeptis terhadap krisis iklim. Biden bahkan meminta maaf karena Washington sempat mengabaikan perubahan iklim untuk beberapa tahun.

Presiden ke-46 AS itu juga berjanji akan menghilangkan emisi karbon pada 2050 dan menegaskan bahwa Negeri Paman Sam siap kembali ‘memimpin’ dunia, ungkapan yang menyindir Trump dengan jargon America first-nya.

"Dua pemimpin dunia mendatangi saya hari ini dan berkata, 'Terima kasih atas kepemimpinan Anda. Anda membuat perbedaan besar di sini’," ungkap Biden.

Para pejabat AS sebelumnya memperkirakan, Xi akan bertemu Biden untuk pertama kalinya sebagai presiden pada KTT G20 Italia pekan lalu. Namun, pertemuan itu tak terealisasi karena Xi tidak menghadiri KTT secara langsung.

Baca Juga: Joe Biden Akhirnya Bertemu dengan Xi Jinping, Bahas Apa Saja?

3. Biden dan Xi akan bertemu secara virtual akhir tahun

AS: China dan Rusia Gagal Berperan Memimpin Dunia di Perubahan IklimXi Jinping dan Joe Biden (Instagram.com/chinaxinhuanews/facebook.com/Joe Biden)

Rencananya, Biden dan Xi akan mengadakan pertemuan virtual pada akhir tahun. Biden berharap pertemuan itu bisa membawa lebih banyak prediktabilitas di tengah berbagai perselisihan, termasuk urusan hak asasi manusia dan konfrontasi China dengan Taiwan.

"Saya akan perjelas. Ini kompetisi, tidak harus konflik. Saya juga telah menunjukkan kepadanya, dan saya tidak segan untuk mengatakannya di depan umum, bahwa kami mengharapkan dia bermain sesuai aturan," ungkap Biden, dikutip dari CNA. 

Biden baru-baru ini pernyataan yang membuat Beijing geram, yakni AS akan membela Taiwan secara militer jika China menyerang negara tersebut.

Baca Juga: Wakil PM China dan Menkeu AS Ngobrol, Ini yang Dibahas

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya