Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Benarkah Putin Bertemu Erdogan di Turki Bahas Palestina?

Berikut penelusuran IDN Times

Jakarta, IDN Times - Konflik Israel-Palestina yang terjadi di Jerussalem dan Jalur Gaza, yang meletus sejak akhir bulan Ramadan, menjadi sorotan warga dunia, tidak terkecuali Indonesia. Media sosial kemudian dipenuhi dengan berbagai informasi terkait konflik dua entitas tersebut.

Salah satunya adalah video yang diunggah oleh pemilik akun Twitter @qtrix pada 13 Mei 2021 pukul 21:53 WIB. Pada video tersebut, akun dengan nama Ruwet memberi keterangan bahwa “Presiden Putin tiba di Turki untuk membahas Palestina bersama Erdogan.”
 
Apakah keterangan dari penulis akun dengan muatan dalam video tersebut benar adanya?

Baca Juga: Mantan Intel Israel Ungkap Satu-Satunya Cara Hentikan Konflik di Gaza

1. Kejanggalan dalam video: Tidak ada penerapan protokol kesehatan

[CEK FAKTA] Benarkah Putin Bertemu Erdogan di Turki Bahas Palestina?Tangkapan layar (Twitter/@qtrix)

Kejanggalan pertama setelah IDN Times menyaksikan video berdurasi 1 menit 41 detik itu adalah tidak adanya penerapan protokol kesehatan.

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak mengenakan masker sejak menuruni pesawat. Kedatangannya disambut dengan orang-orang berjas hitam tanpa menjaga jarak dan tidak mengenakan masker juga. Ketika Putin bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, mereka pun terlihat saling berjabat tangan.

Berdasarkan pemaparan di atas, dapat diketahui bahwa video tersebut diambil sebelum pandemik COVID-19 melanda. Artinya, Putin sama sekali tidak berkunjung ke Turki baru-baru ini, ketika pandemik dan aturan lintas batas negara masih sangat ketat.

2. Pertemuan terjadi pada 2018

[CEK FAKTA] Benarkah Putin Bertemu Erdogan di Turki Bahas Palestina?Presiden Rusia Vladimir Putin (ka) berjabat tangan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (ki) dalam sebuah konferensi pers gabungan menyusul pembicaraan Rusia-Turki di resor Laut Hitam Sochi, Rusia, 22 Oktober 2019. (ANTARA FOTO/Sergei Chirikov/Pool via RUETERS/File Photo/aww/cfo)

Dilansir dari ANTARA, pertemuan antara dua kepala negara itu ternyata terjadi pada 3 April 2018. Video yang sempat di-retweet oleh tiga orang dan disukai oleh 18 orang itu dapat pula ditemukan di kanal YouTube Radio Free Europe/Radio Liberty.

Adapun keterangan dalam video yang diunggah oleh Radio Free Europe/Radio Liberty adalah:

"Russian President Vladimir Putin arrived on April 3 on an official visit to the Turkish capital, Ankara, where he appeared with Turkish President Recep Tayyip Erdogan outside the Presidential Palace.”

“Presiden Rusia Vladimir Putin tiba pada 3 April dalam sebuah pertemuan resmi ke Ibu Kota Turki, Ankara, lokasi pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di luar Istana Presiden)," demikian isi keterangan video di Youtube Radio Free Europe/Radio Liberty.”

Baca Juga: [CEK FAKTA] Apa Benar Presiden Jokowi Pulang Kampung?

3. Kesimpulan: Hoaks!

[CEK FAKTA] Benarkah Putin Bertemu Erdogan di Turki Bahas Palestina?ilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan fakta-fakta yang telah dipaparkan di atas, maka informasi yang disebarkan oleh @qtrix tidak benar alias hoaks, karena caption dengan video tidak sama informasi video yang diunggah.
 
Apakah pertemuan benar-benar terjadi? Memang benar pernah ada pertemuan tapi tidak baru-baru ini, melainkan pada 2018.  

Apakah keduanya membahas isu Israel-Palestina? Pada Kamis (13/5/2021), Putin memang sempat menghubungi Erdogan melalui sambungan telepon. Keduanya sepakat untuk menindak tegas Israel. Namun, sekali lagi, keduanya tidak mengadakan pertemuan. Isu Israel-Palestina hanya dibahas via telepon.  

Baca Juga: Mesir Siap Tampung dan Rawat Warga Gaza Korban Serangan Udara Israel

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya