Comscore Tracker

Daftar 5 Negara Pemasok Senjata Terbesar ke Israel

Amerika Serikat menduduki peringkat pertama

Jakarta, IDN Times - Ketegangan antara Israel dengan Hamas dalam 11 hari terakhir menunjukkan betapa timpangnya kekuatan militer antara dua pihak. Iron Dome yang dimiliki Israel menjadi sorotan karena mampu menghalau mayoritas roket yang ditembakkan oleh Hamas dari Jalur Gaza.

Ketika persenjataan militer Israel ditopang oleh impor senjata senilai miliaran dolar dari berbagai negara, rivalnya Hamas hanya bergantung pada perangkat militer buatan sendiri atau selundupan.

Dilansir dari Middle East Eye, berikut lima negara yang menjadi pemasok senjata terbesar ke Israel.

1. Amerika Serikat

Daftar 5 Negara Pemasok Senjata Terbesar ke IsraelKendaraan Militer Amerika Serikat sedang berpatroli di dekat tambang minyak di Suriah. twitter.com/mfa_russia

Amerika Serikat (AS) merupakan pengekspor senjata terbesar ke Israel. Menurut database Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), 70 persen senjata konvensional Israel untuk periode 2009-2020 berasal dari Washington. Negeri Paman Sam diketahui telah memasok senjata ke Israel sejak 1961.

Data milik Campaign Against the Arms Trade (CAAT) yang berbasis di Inggris melaporkan, nilai perdagangan senjata AS-Israel pada 2013-2017 mencapai 4,9 miliar dollar AS (Rp70.385 triliun).

Ironisnya meski Presiden Joe Biden mendesak Netanyahu segera mengakhiri kekerasan di Jalur Gaza, AS tetap menyetujui penjualan senjata ke Israel senilai 735 juta dollar AS (Rp10,5 triliun). Kesepakatan itulah yang ditentang oleh sejumlah kubu yang menyematkan dirinya sebagai kelompok progresif dalam Partai Demokrat.

Di bawah perjanjian bantuan keamanan 2019-2028, AS setuju untuk memberi Israel 3,8 miliar dollar AS per tahun (Rp54.577 triliun) dalam program pembiayaan militer asing. Kesepakatannya adalah sebagian besar bantuan tersebut harus digunakan untuk membeli senjata buatan AS.

Menurut NBC, nilai tersebut mencakup 20 persen anggaran pertahanan Israel dan hampir tiga perlima dari program pembiayaan militer asing AS di seluruh dunia.

Washington juga sering memberikan bantuan lainnya, seperti pendanaan tambahan senilai 1,6 miliar dollar AS (Rp22.978 triliun) sejak 2011 untuk membiayai Iron Dome, dengan suku cadang buatan AS.

Baca Juga: Menlu Retno: Israel Harus Ditekan atau Konflik di Gaza akan Terulang 

2. Jerman

Daftar 5 Negara Pemasok Senjata Terbesar ke IsraelPrajurit Israel dari sebuah unit artileri berkumpul di dekat perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza, di sisi Israel, Jumat (14/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Amir Cohen.

Eksportir senjata terbesar kedua ke Israel adalah Jerman, penyumbang 24 persen dari impor senjata Israel sepanjang 2009-2020.

Jerman tidak memberikan data tentang senjata yang yang dikirim ke Israel. Namun, berdasarkan data CAAT, Jerman mengeluarkan lisensi untuk menjual senjata ke Israel senilai 1,93 miliar dollar AS (Rp27.717 triliun) sepanjang 2013-2017.

Angka Sipri menunjukkan Jerman menjual senjata ke Israel sepanjang 1960-1970, kemudian rutin melakukan penjualan sejak 1994.

Pembicaraan pertahanan pertama antara kedua negara dimulai pada 1957. Menurut media Haaretz, Perdana Menteri David Ben-Gurion sempat bertemu dengan Kanselir Jerman Konrad Adenauer di New York pada 1960, untuk menandatangi kesepakatan tentang kebutuhan Israel terhadap kapal selam kecil dan sistem pertahanan anti rudal.

Sementara AS banyak membantu untuk kebutuhan pertahanan udara, Jerman lebih dominan dalam menyediakan kapal selam.

3. Italia

Daftar 5 Negara Pemasok Senjata Terbesar ke IsraelPasukan Israel berjaga dekat Iron Dome di Dataran Tinggi Golan. (middleeasteye.net)

Italia diketahui menyediakan 5,6 persen dari impor senjata konvensional utama Israel pada periode 2009-2020, menurut SIPRI. Sementara, data CAAT 2013-2017, Italia mengirimkan senjata senilai 581 juta dollar AS (Rp8,3 triliun) ke Israel.

Menurut Defense News, kedua negara telah melakukan kesepakatan dalam beberapa tahun terakhir, di mana Israel memperoleh pesawat latih dengan imbalan rudal dan senjata lainnya.

Italia bergabung dengan negara-negara Eropa yang mengkritik permukiman Israel di Sheikh Jarrah dan di tempat lain pada awal Mei, namun Italia terus mengekspor senjata.

4. Inggris

Daftar 5 Negara Pemasok Senjata Terbesar ke IsraelSeorang anggota polisi Israel mengarahkan senjatanya saat terjadi bentrokan dengan warga Palestina di halaman Masjid Al-Aqsa, yang dikenal Umar Muslim sebagai Al Haram Al Sarif, dan oleh Yahudi disebut Bukit Bait Suci, di Kota Tua Yerusalem, Senin (10/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad

Inggris, meskipun tidak ada dalam database SIPRI dalam beberapa tahun terakhir, juga menjual senjata ke Israel dan menurut CAAT telah melisensikan senjata senilai 400 juta poundsterling (Rp8,1 triliun) sejak 2015. 

CAAT menyerukan Inggris untuk mengakhiri penjualan senjata dan dukungan militer kepada pasukan Israel. LSM itu juga mendesak dilakukannya penyelidikan apakah senjata Inggris telah digunakan untuk mengebom Gaza.

Angka riil ekspor Inggris ke Israel diyakini jauh lebih tinggi daripada jumlah yang tersedia untuk umum, karena sistem penjualan senjata yang tidak jelas dan kerahasiaan nilai senjata serta kuantitasnya.

Smith dari CAAT mengatakan bahwa sekitar 30-40 persen penjualan senjata Inggris ke Israel kemungkinan dilakukan di bawah lisensi terbuka, tetapi dia tidak mengetahui bagaimana tersebut digunakan.

Perusahaan swasta Inggris yang membantu memasok senjata atau perangkat militer ke Israel termasuk BAE Systems; Atlas Elektronik Inggris; MPE; Kontrol Meggitt, Penny + Giles; Rekayasa Redmayne; PLC Senior; Land Rover; dan G4S.

Terlebih lagi, Inggris menghabiskan jutaan pound setiap tahun untuk sistem persenjataan Israel. Elbit Systems, produsen senjata terbesar Israel, memiliki beberapa anak perusahaan di Inggris, seperti halnya beberapa produsen senjata AS.

Pada 2014, sebuah tinjauan terhadap pemerintah menemukan 12 lisensi senjata yang digunakan untuk menggempur Gaza pada konflik di tahun tersebut. Sementara, pada 2010, Menteri Luar Negeri David Miliband mengatakan bahwa senjata yang dibuat di Inggris "hampir pasti" telah digunakan dalam kampanye pengeboman Israel tahun 2009 di Gaza.

5. Kanada

Daftar 5 Negara Pemasok Senjata Terbesar ke IsraelIlustrasi alutsista (tank). (IDN Times/Aditya Pratama)

Kanada menyumbang sekitar 0,3 persen dari impor senjata konvensional utama Israel antara 2009-2021, menurut angka SIPRI.

Jagmeet Singh dari Partai Demokrat Baru Kanada minggu lalu menyerukan Kanada untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel sehubungan dengan kejadian baru-baru ini.

Kanada mengirim 13,7 juta dollar AS (Rp278 miliar) perangkat keras dan teknologi militer ke Israel pada 2019, setara dengan 0,4 persen dari total ekspor senjata, menurut The Globe and Mail.

Baca Juga: Gencatan Senjata di Gaza, Biden: Israel-Palestina Layak Hidup Damai

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya