Dari Indonesia, Jurnalis Rombongan Menlu AS Blinken Positif COVID-19

Dinyatakan positif COVID-19 setibanya di Malasyia

Jakarta, IDN Times - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi, seorang jurnalis yang menemani lawatan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Inggris dan Asia Tenggara, dinyatakan positif COVID-19.

Berdasarkan keterangan Kedutaan AS di Indonesia, jurnalis tersebut dinyatakan positif virus corona setibanya di Malaysia pada Rabu (15/12/2021). Padahal, mereka semua dinyatakan negatif COVID-19 pada Senin (13/12/2021), saat tiba di Jakarta, Indonesia, sebelum bertolak ke Negeri Jiran.

Baca Juga: Menlu AS Antony Blinken Berkunjung Perdana ke RI, Bakal Bahas Apa?

1. Rombongan Blinken lainnya dinyatakan negatif COVID-19

Dari Indonesia, Jurnalis Rombongan Menlu AS Blinken Positif COVID-19Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken. (Instagram.com/secblinken)

Dikutip dari ABC News, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price menjelaskan, ada 12 jurnalis yang ikut dalam perjalanan Blinken. Adapun Blinken dan staf seniornya telah dipastikan tidak tertular virus corona.

Kedutaan Besar AS di Kuala Lumpur mengabarkan, mereka telah membagikan kabar tersebut kepada pemerintah Malaysia dan berterima kasih atas kerja sama dengan otoritas terkait.

"Satu-satunya anggota rombongan perjalanan yang dinyatakan positif mematuhi semua persyaratan Kementerian Kesehatan. Kami dapat mengonfirmasi bahwa orang tersebut tidak terlibat dan tidak berpartisipasi dalam program Blinken di Kuala Lumpur,” demikian keterangan kedutaan.

2. Rombongan Blinken negatif COVID-19 di Liverpool dan Jakarta

Dari Indonesia, Jurnalis Rombongan Menlu AS Blinken Positif COVID-19Kedatangan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken ke Indonesia. (dok. Kemenlu)

Blinken tiba di Kuala Lumpur pada Selasa malam dari Jakarta. Setelah dari Malaysia, Blinken berencana mengunjungi Bangkok, Thailand pada Rabu malam.

Dia memulai perjalanannya dari Liverpool, Inggris, untuk berpartisipasi dalam pertemuan Menteri Luar Negeri G7 selama akhir pekan.

Departemen Luar Negeri selalu mengetes orang-orang yang satu pesawat dengan Blinken, dan mereka dinyatakan negatif di Liverpool dan Jakarta.

Baca Juga: Wartawan Menlu AS Positif COVID-19 Usai dari Jakarta, Ini Kata Istana

3. Berikut agenda Blinken di Jakarta

Dari Indonesia, Jurnalis Rombongan Menlu AS Blinken Positif COVID-19Presiden Jokowi menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken, Istana Merdeka pada Senin (13/12/2021). (dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Selama di Jakarta, Blinken sempat bertemu sejumlah pejabat Indonesia, termasuk Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Menlu Retno Marsudi, serta Menko bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Blinken bersama rombongannya bahkan sempat mengadakan konferensi pers di Hotel Fairmont Jakarta.

Sampai saat ini, kami belum mendapati informasi apakah pejabat Indonesia yang kontak erat dengan Blinken dan pewarta dari Negeri Paman Sam telah menjalani tes COVID-19. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya