Comscore Tracker

Disney World Florida Siap Dibuka Kembali, Ini Protokol Kesehatannya

Interaksi dengan karakter Disney harus jaga jarak

Jakarta, IDN Times- Taman hiburan Disney World yang berlokasi di Orlando, Florida, Amerika Serikat yang ditutup sejak Maret akan dibuka kembali pada Sabtu, 11 Juli 2020 nanti.

Keputusan ini menuai kontroversi karena Amerika Serikat (AS) masih menempati urutan pertama sebagai negara dengan kasus COVID-19 terbanyak, yaitu 3 juta kasus per Kamis (9/7/2020).

Serikat buruh yang mewakili 43 ribu pekerja Walt Disney World mendesak agar Disney memantapkan protokol kesehatan, supaya taman hiburan yang paling banyak dikunjungi di dunia itu tidak menjadi episentrum baru virus corona.

Baca Juga: Ancol akan Bangun Disney Land Versi Indonesia di Atas Lahan Reklamasi

1. Disney berjanji akan menelusuri virus corona dengan cepat

Disney World Florida Siap Dibuka Kembali, Ini Protokol KesehatannyaInstagram/@waltdisneyworld

Perwakilan dari Services Trades Council Union, Matt Hollis, mengatakan kepada CNN bahwa Disney telah merespons permintaan serikat buruh dengan baik.

Hollis mengakui bila virus corona sangat mungkin ditemukan di tengah pengunjung Disney World nantinya. Namun, dia juga yakin perusahaan bisa melakukan penelusuran kontak dengan cepat apabila seseorang diketahui terpapar COVID-19.

Selain perhatian kepada para pengunjung, Disney juga memastikan keselamatan para pekerja dengan memberikan bayaran penuh selama masa karantina jika ada dari mereka yang terpapar corona.

2. Protokol kesehatan siap diterapkan

Disney World Florida Siap Dibuka Kembali, Ini Protokol KesehatannyaInstagram/@waltdisneyworld

Untuk meminimalisir transmisi penyebaran, Disney juga memberlakukan protokol kesehatan. Di antaranya adalah pemeriksaan suhu tubuh, penambahan bus bagi karyawan sehingga mereka bisa menjaga jarak, pembersihan rutin secara berkala, serta karakter yang juga diharuskan menjaga jarak ketika berinteraksi.

Selain itu, para pengunjung dan karyawan tentunya wajib menggunakan masker. Perusahaan menyediakan “relaxation stations” sebagai tempat di mana para pengunjung dan karyawan diizinkan untuk melepas masker dan pelindung wajahnya (face shield).

3. Protokol kesehatan akan terus diperbaiki

Disney World Florida Siap Dibuka Kembali, Ini Protokol KesehatannyaInstagram/@waltdisneyworld

Hollis memastikan, perusahaan akan terus menambah protokol kesehatan sesuai kebutuhan dan permintaan. Sejauh ini, dia menilai Disney telah merespons dengan baik tanggapan dari para karyawan mengenai protokol kesehatan.

“Kita bekerja dengan sangat berat, dari memastikan tidak banyak orang yang masuk dalam satu waktu sampai menambah bus, sehingga ada lebih banyak ruangan bagi masing-masing orang,” tutup Hollis.

Baca Juga: Jadi Episentrum COVID-19, 30 Ribu Kasus Baru Muncul di Amerika Serikat

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya