Comscore Tracker

Doakan Trump Cepat Sembuh, Taiwan: Agar Pimpin Dunia Lawan Tiongkok!

Donald Trump sejak lama mengakui kedaulatan Taiwan

Jakarta, IDN Times- Anggota parlemen Taiwan, You Si-kun, mendoakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump agar segera pulih dari COVID-19. Dia menilai Trump sebagai satu-satunya sosok yang layak memimpin dunia melawan perilaku sewenang-wenang Tiongkok.

Pernyataan itu ia ucapkan saat perayaan Hari Nasional Taiwan pada Sabtu (3/10/2020). Si-kun juga mengaku terkejut setelah mendapat kabar Trump terpapar virus SARS-CoV-2.

1. Trump sebagai pemimpin lawan Tiongkok

Doakan Trump Cepat Sembuh, Taiwan: Agar Pimpin Dunia Lawan Tiongkok!Twitter

Belakangan, ketegangan antara Tiongkok dengan Taiwan semakin tinggi. Tiongkok kerap menerbangkan pesawat tempur di wilayah Taiwan tanpa izin dari otoritas terkait. Negeri Tirai Bambu itu mengklaim bahwa Taiwan adalah bagian dari provinsinya.

Presiden Trump sendiri memang dikenal sebagai sosok yang mendukung kedaulatan Taiwan. Oleh sebab itu, kesembuhan Trump adalah kunci untuk menghadapi Tiongkok.

“Saya berharap dia cepat sembuh, supaya dia bisa memimpin untuk membebaskan dunia dari kebiadaban komunis Tiongkok,” kata Si-kun.

Baca Juga: Tiongkok Kembali Kirim Pesawat Tempur dan Pembom ke Perbatasan Taiwan

2. Hubungan AS dengan Hong Kong dan Taiwan buat Tiongkok geram

Doakan Trump Cepat Sembuh, Taiwan: Agar Pimpin Dunia Lawan Tiongkok!Presiden Donald Trump dan ibu negara ketika berkunjung ke Tiongkok tahun 2017 (ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst)

Melalui kebijakan One China Policy, Tiongkok berharap tidak ada satu pun negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Taiwan. Sebab, di mata Tiongkok, Taiwan bukan negara berdaulat.

Menteri Kesehatan dan Wakil Menteri Urusan Ekonomi AS diketahui telah mengunjungi Taiwan beberapa saat lalu. Mereka adalah dua pejabat senior pertama yang mengunjungi Taipei sejak 1979. Mereka tetap melakukan kunjungan meski dikecam oleh Tiongkok.

Trump juga memiliki hubungan dagang dengan Hong Kong, negara yang disebut oleh Taiwan sebagai target kedua dari One China Policy.

3. Beredar kabar Taiwan membeli senjata dari AS

Doakan Trump Cepat Sembuh, Taiwan: Agar Pimpin Dunia Lawan Tiongkok!Ilustrasi pesawat tempur (Pixabay.com/Defence_Imagery)

Sebelumnya sempat diberitakan, Reuters sempat mendapati kebocoran informasi yang mengatakan AS berencana untuk menjual senjata kepada Taiwan, termasuk ranjau, pesawat tanpa awak atau drone, dan rudal jelajah.

Isu penjualan senjata ini semakin kuat seiring lawatan Wakil Menteri Urusan Ekonomi Keith Krach. Penjualan ini juga selaras dengan rencana AS untuk menyeimbangkan kawasan Asia Timur dengan membangun, istilah yang disebut oleh Pentagon, 'Fortress Taiwan'.

Memburuknya hubungan AS-Tiongkok, akibat tuduhan spionase hingga penularan COVID-19, dianggap menjadi momentum yang tepat untuk menjual senjata.

Namun, Kementerian Pertahanan Taiwan menampik rencana pembelian senjata itu. Dikatakan, seharusnya pembelian senjata adalah sesuatu yang sederhana dan rahasia. Di sisi lain, AS juga belum memerikan kabar resmi mengenai penjualan senjata tersebut.

Baca Juga: Taiwan Kembali Marah Besar gegara Dikira Bagian dari Tiongkok 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya