Comscore Tracker

DPR RI dengan Parlemen Ethiopia Akan Bentuk Friendship Group

Ini jadi forum tukar pendapat kedua negara

Addis Ababa, IDN Times - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BSKAP) Surahman Hidayat mengatakan, parlemen Indonesia dengan Ethiopia akan membentuk Friendship Group, sebagai wadah tukar pendapat serta mendorong kesejahteraan rakyat di dua negara tersebut.

“Kunjungan kami di Ethiopia merupakan bagian penting dari penyelenggaraan diplomasi Indonesia, sebagai second track diplomacy, khususnya melalui kerja sama antar-parlemen dan mendorong terciptanya people to people contact yang lebih luas dan kuat, antara rakyat Indonesia dengan rakyat Ethiopia,” kata Surahman di Addis Ababa, Ethiopia, Selasa (17/9).

Baca Juga: Ini Kesan Wartawan Ethiopia Setelah Mengunjungi Indonesia

1. Ethiopia menjadi salah satu mitra strategis Indonesia

DPR RI dengan Parlemen Ethiopia Akan Bentuk Friendship GroupDok. IDN Times/Istimewa

Sebagai salah satu negara yang telah berkembang pesat di benua Afrika, Ethiopia merupakan mitra strategis bagi Indonesia.

“Dari sisi sejarah berkembang nya Islam dan posisi strategis Ethiopia bagi diplomasi Indonesia di Afrika, khususnya di bidang ekonomi, Ethiopia penting bagi Indonesia,” tutur Surahman usai bertemu Ketua Parlemen Ethiopia Tagesse Chafo, di kantornya.

2. KBRI Addis Ababa akan mengadakan pertemuan dengan Parlemen Ethiopia

DPR RI dengan Parlemen Ethiopia Akan Bentuk Friendship GroupDok. IDN Times/Istimewa

Menindaklanjuti pertemuan BKSAP DPR RI dengan Parlemen Ethiopia, KBRI Addis Ababa akan segera mengadakan pertemuan dengan tim Parlemen Ethiopia, guna membahas Friendship Group yang telah disepakati.

“Segera setelah pertemuan, kami berbicara secara khusus dengan Tagesse Chafo dan kelompok kerjanya, untuk mengadakan working lunch di KBRI Addis Ababa dalam beberapa hari ke depan,” kata Duta Besar RI untuk Ethiopia Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur.

3. Kunjungan Indonesia dinantikan banyak pihak

DPR RI dengan Parlemen Ethiopia Akan Bentuk Friendship GroupDok. IDN Times/Istimewa

Selain dengan pimpinan parlemen, Surahman dan delegasi juga mengadakan pertemuan dengan pimpinan The Ethiopian Islamic Affairs Supreme Council (EIASC) dan Ulema Unity Forum (UUF). Mereka juga akan menyambangi dua perusahaan Indonesia di Ethiopia yaitu, PT Indofood Ethiopia dan Peace Success Industry Plc sister company PT Sinar Antjol.

“Kunjungan delegasi DPR RI ke Ethiopia mendapat sambutan hangat dan penuh harapan tindak lanjut dari semua pihak yang ditemui. Apalagi ini merupakan kunjungan bersejarah bagi kedua bangsa, karena merupakan kunjungan bilateral pertama parlemen Indonesia ke Ethiopia,” kata Al Busyra.

Baca Juga: Pemuda Ethiopia-Indonesia Ingin Ciptakan Tanaman Jenis Baru

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya