Dubes: Palestina Tanah yang Diberkati Allah, Kemerdekaan Harga Mati!

Ia meminta negara-negara lain mengakui kemerdekaan Palestina

Jakarta, IDN Times – Duta Besar Palestina untuk Republik Indonesia, Zuhair Al Shun, menyebut Palestina sebagai tanahnya para Nabi. Oleh sebab itu, kemerdekaan Palestina menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar.

“Palestina adalah tanah yang diberkati dalam Al-Qur'an. Maka itu, kami harus menegakkan perdamaian di tanah itu,” kata Zuhair dalam perayaan ulang tahun ke-57 Hamas di Kedutaan Besar Palestina di Indonesia, Senin (10/1/2022).

“Cukup sudah pertempuran, pembunuhan. Selama tidak ada perdamaian di Palestina, di Alquds, selama itu pula tidak ada perdamaian (dunia),” sambung dia.

1. Palestina memiliki hak untuk merdeka

Dubes: Palestina Tanah yang Diberkati Allah, Kemerdekaan Harga Mati!IDN Times/Helmi Shemi

Zuhair menegaskan bahwa Palestina memiliki hak untuk merdeka. Mereka juga memiliki hak untuk menentukan Yerussalem timur sebagai ibu kota Palestina, sesuatu yang selama ini ditentang oleh Israel.

“Kami meminta negara-negara yang belum mengakui kemerdekaan Palestina untuk segera mengakuinya. Itu merupakan hak yang melekat kepada warga Palestina,” ujar Zuhair.

Baca Juga: PBNU: Kemanusiaan di Palestina Lebih Penting dari Normalisasi Israel

2. Komunitas internasional harus mendukung kemerdekaan Palestina

Dubes: Palestina Tanah yang Diberkati Allah, Kemerdekaan Harga Mati!Sejumlah anak-anak di Palestina melihat kondisi kerusakan dekat gedung menara yang terkena serangan udara Israel, di tengah gencarnya konflik Israel-Palestina, di Kota Gaza, Rabu (12/5/2021). (ANTARA REUTERS / Mohammed Salem/aww.)

Pada saat yang sama, Zuhair juga meminta dukungan komunitas internasional untuk melindungi Palestina dari aksi kekerasan dan pelanggaran HAM yang dilakukan Israel.

“Kami meminta komunitas internasional untuk melindungi warga Palestina dari pendudukan dan penjajahan, apakah itu tanah mereka, properti mereka, dan membantu untuk membebaskan warga Palestina yang menjadi tahanan politik tanpa proses pengadilan,” ucapnya.

3. Harapan kepada Indonesia sebagai Presiden G20

Dubes: Palestina Tanah yang Diberkati Allah, Kemerdekaan Harga Mati!Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun (IDN Times/Vanny El Rahman)

Khusus untuk Indonesia, sebagai Presiden G20, Zuhair berharap kemerdekaan Palestina menjadi isu arus utama dalam berbagai forum internasional.

“Kami juga mengapresiasi Indonesia, baik pemerintah ataupun masyarakatnya, untuk dukungan yang tak kunjung henti kepada rakyat Palestina,” ujar dia.

“G20 pasti digunakan Indonesia untuk membicarakan soal kemerdekaan Palestina, dalam forum regional, internasional, atau bilateral. Palestina akan selalu menjadi isu diplomasi Indonesia dan saya tidak ada keraguan terhadap hal itu,” imbuh Zuhair.

Baca Juga: Wacana RI-Israel Buka Hubungan Diplomatik, Ini Kata Dubes Palestina

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya