Dubes RI di Korsel Umar Hadi Dianugerahi Warga Kehormatan Kota Seoul

Umar dinilai bisa jadi teladan bagi warga Seoul

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, dianugerahi gelar Warga Kehormatan Kota Seoul (Seoul Honorary Citizen). Upacara pengukuhan yang dipimpin Wali Kota Seoul Oh Se-hoon dilaksanakan di Seoul City Hall pada Rabu (2/6/2021).
 
Umar Hadi merupakan Duta Besar Indonesia pertama yang menerima gelar tersebut. Ia memperoleh penghargaan atas kontribusi memajukan hubungan Indonesia dengan Korea Selatan, khususnya dengan Seoul.
 
“Saya sematkan kehormatan ini kepada Duta Besar Umar Hadi yang telah berkontribusi pada perkembangan Kota Seoul serta kehidupan penduduk Seoul, memberikan contoh yang sangat baik untuk kedua warga negara dan penduduk asing lainnya,” kata Oh Se-hoon saat menyematkan lencana kehormatan, dikutip melalui keterangan pers, Rabu (2/6/2021).

1. Umar dinilai bisa jadi teladan bagi warga Seoul

Dubes RI di Korsel Umar Hadi Dianugerahi Warga Kehormatan Kota SeoulDubes Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi dianugerahi gelar sebagai Wrga Kehormatan Kota Seoul. (dok. KBRI Seoul)

Baca Juga: Wow, Gaji Guru di Korea Selatan Bisa sampai Rp1 Miliar per Bulan!

Di mata Se-hoon, Umar merupakan sosok yang dapat menjadi teladan bagi warga Seoul, serta warga asing lain yang berdomisili di kota tersebut.
 
“Sekiranya Anda sudah kembali ke Indonesia, mohon Anda dapat mengunjungi Seoul sesering mungkin, karena Anda saat ini merupakan Warga Kehormatan Kota Seoul,” tutur Se-hoon.

2. Meningkatkan hubungan ekonomi, sosial dan budaya

Dubes RI di Korsel Umar Hadi Dianugerahi Warga Kehormatan Kota SeoulDubes Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi dianugerahi gelar sebagai Wrga Kehormatan Kota Seoul. (dok. KBRI Seoul)

Secara khusus, Umar dinilai telah berperan besar dalam meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Korea Selatan. Khususnya, dalam peningkatan investasi perusahaan-perusahaan raksasa Korea Selatan ke Indonesia.  
 
Umar juga diapresiasi karena memperdalam pertukaran budaya antara kedua negara. Selain itu, juga memperkuat hubungan antara masyarakat Indonesia dengan Korea Selatan, terutama dengan penduduk Kota Seoul.
 
“Saya menerima penghargaan ini sebagai apresiasi atas kemitraan yang telah dibangun dengan Pemerintah Kota Metropolitan Seoul. Saya dedikasikan sepenuhnya penghargaan tersebut kepada seluruh staf KBRI Seoul. Kiranya ini akan menjadi pemicu bagi jajaran KBRI Seoul dalam meningkatkan kinerjanya guna memajukan hubungan kedua negara,” ujar Umar.

3. Dua tokoh Indonesia jadi Warga Kehormatan Kota Seoul

Dubes RI di Korsel Umar Hadi Dianugerahi Warga Kehormatan Kota SeoulDubes Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi dianugerahi gelar sebagai Wrga Kehormatan Kota Seoul. (dok. KBRI Seoul)

Beberapa tokoh dunia yang telah mendapatkan gelar Warga Kehormatan Kota Seoul adalah mantan Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Korsel Christopher R. Hill (2005), aktor Tiongkok Jacky Chan (1999), Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo (2016), Presiden Estonia Kersti Kalijulaid (2018), mantan Dubes Tiongkok untuk Korsel Qiu Guohong (2019), dan Raja Spanyol King Felipe VI (2019). 
 
Seoul Honorary Citizens diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota Seoul dan pemerintah administratif di bawahnya. Selain itu, penerima anugerah Seoul Honorary Citizen juga diberi hak istimewa untuk mengakses berbagai fasilitas di Kota Seoul.
 
Tahun ini, Umar adalah yang warga asing pertama yang mendapat gelar tersebut. Panitia secara ketat menseleksi siapa tokoh yang layak memperoleh gelar. Panitia kemudian mengajukan nama ke Wali Kota Seoul untuk memperoleh persetujuan dari Dewan Kota Seoul.  
 
Diketahui, Umar Hadi diangkat Presiden Jokowi sebagai Dubes RI untuk Korsel pada 2017. Ia menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Korsel Moon Jae-in pada tanggal 18 Juli 2017.

Baca Juga: Diklaim Terbesar, Pabrik Kaca Korsel Investasi Rp5 T di Batang

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya