Comscore Tracker

Forum Pemuda Indonesia-Ethiopia, Diplomasi Ala Millennial Dua Negara

Kegiatan ini rencananya akan digelar secara berkala

Addis Ababa, IDN Times - Duta Besar Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, menyelenggarakan dialog antara pemuda Indonesia dan Ethiopia.

Acara bertajuk “Listen to the Voice of Youth: Indonesia and Ethiopia Youth Talk” diselenggarakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa pada Jumat, 13 Desember 2019. Ada lebih dari 200 millennial Ethiopia yang terlibat dalam acara tersebut.

Baca Juga: PM Ethiopia Menangkan Nobel Perdamaian 2019 dan Kalahkan 300 Kandidat

1. Melibatkan pemuda untuk merekatkan hubungan dua negara

Forum Pemuda Indonesia-Ethiopia, Diplomasi Ala Millennial Dua NegaraDuta Besar Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur (IDN Times/Istimewa)

Duta Besar Al Busyra mengatakan, pemuda zaman sekarang harus lebih aktif terlibat dalam kegiatan diplomasi. 

Ada pun acara digelar dengan tujuan, "mendengar pemikiran dan pandangan serta menggali ide-ide baru pemuda Ethiopia dan Indonesia, dalam memajukan hubungan dan kerja sama bilateral ke depan,” kata Al Busyra saat membuka acara, melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu (14/12).

2. Indonesia and Ethiopia Youth Talk disiapkan sebagai acara berkala

Forum Pemuda Indonesia-Ethiopia, Diplomasi Ala Millennial Dua NegaraForum pemuda bertajuk “Listen to the Voice of Youth: Indonesia and Ethiopia Youth Talk,” diselenggarakan Jumat sore, 13 Desember 2019 di KBRI Addis Ababa (IDN Times/Istimewa)

Sementara Pejabat Fungsi Pansosbud KBRI Addis Ababa, Ravky Permato menambahkan, rencananya acara tersebut akan digelar rutin secara berkala.

"Indonesia and Ethiopia Youth Talk akan diselenggarakan secara berkala, karena begitu banyak pandangan, ide dan pemikiran-pemikiran cemerlang anak muda kedua negara yang perlu kita dengar dan dijadikan masukan,” tambah Ravky.

3. Berikut deretan pemuda yang hadir

Forum Pemuda Indonesia-Ethiopia, Diplomasi Ala Millennial Dua NegaraForum pemuda bertajuk “Listen to the Voice of Youth: Indonesia and Ethiopia Youth Talk,” diselenggarakan Jumat sore, 13 Desember 2019 di KBRI Addis Ababa (IDN Times/Istimewa)

Perwakilan Indonesia yang menghadiri acara tersebut adalah Kevin Alwino, Dean Aldrich Adrien, Fidela Cathliniyah, dan Kayla. Kecuali Kevin yang juga pengusaha muda di Jakarta dan founder Indonesia-Ethiopia Youth Association, pembicara yang lainnya belajar dan sudah bermukim di Addis Ababa selama bertahun-tahun.

Sementara pembicara muda Ethiopia terdiri dari tokoh dan pimpinan organisasi pemuda yaitu Kalewonggel Tesfaye, Sileshi Salse Umer, Zeynaba Mohamed, Meron Anteneh, dan Rediet Getahun Teffera. Semua pembicara Ethiopia tersebut pernah tinggal di Indonesia untuk mengikuti berbagai kegiatan yang disponsori oleh KBRI Addis Ababa.

Kalewongel dan Sileshi mengikuti Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) di Bali pada Agustus 2019. Zeynaba mengikuti program Beasiswa Darmasiswa pada 2016 di Cirebon. Sementara Meron dan Rediet baru saja kembali ke Addis Ababa setelah mengikuti Bali Democracy Student Conference (BDSC) di Bali pada 5-6 Desember 2019.

Pada forum tersebut, Meron dan Rediet menyampaikan pengalaman dan pengetahuan yang diperolehnya dari BDSC. 

Baca Juga: Ini Kesan Wartawan Ethiopia Setelah Mengunjungi Indonesia

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Sunariyah

Just For You