Hasil Uji Coba Novavax Fase IIb di Afrika Selatan Segera Dirilis

Indonesia juga akan mendatangkan vaksin Novavax

Jakarta, IDN Times - Uji coba vaksin COVID-19 Novavax Fase IIb di Afrika Selatan kemungkinan akan dirilis dalam dua minggu ke depan. Dilansir dari Pharmaceutical Technology, seorang sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan, perusahaan sedang menyelesaikan entri data dalam beberapa hari terakhir
 
Sebagai informasi, Novavax yang memiliki nama lain NVX-CoV2373 merupakan vaksin corona gelombang kedua yang belum mengantongi otorisasi apapun. Vaksin gelombang kedua lainnya termasuk vaksin yang diproduksi oleh Johnson & Johnson dan CureVac.

1. Melibatkan pasien HIV

Hasil Uji Coba Novavax Fase IIb di Afrika Selatan Segera DirilisIlustrasi Penyuntikan Vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Uji coba Fase IIb sedikitnya akan melibatkan 4.422 sukarelawan yang direkrut sepanjang Agustus-November. Sekitar 245 sukarelawan di antaranya terjangkit HIV.

Penderita HIV dipilih karena mereka dianggap stabil secara medis namun memiliki respons kekebalan yang berbeda dari orang tanpa HIV. Dengan demikian, Novavax memiliki lebih banyak variasi sampel.
 
Informan Pharmaceutical Technology juga mengatakan, hasil uji coba Fase IIb akan menujukkan suatu terobosan karena kita dapat mengetahui sejauh mana efektivitas Novavax terhadap pasien HIV.
 

Baca Juga: Komitmen Pesanan Vaksin AstraZeneca dan Novavax Diteken Hari Ini

2. Uji coba Fase III telah dilakukan di beberapa negara

Hasil Uji Coba Novavax Fase IIb di Afrika Selatan Segera DirilisIlustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, uji coba NVX-CoV2373 Fase III yang melibatkan 15.000 sukarelawan yang berbasis di Inggris telah selesai. Hasil uji coba tersebut akan menjadi dasar perizinan di Inggris, Uni Eropa, dan negara lain.
 
Kemudian, Pada Desember 2020 lalu, Novavax juga memulai uji coba Fase III kedua yang melibatkan 30 ribu sukarelawan di Amerika Serikat dan Meksiko. Proses uji coba sempat tersendat karena pembukaan perekrutan sukarelawan dilakukan pada muslim liburan.
 

3. Indonesia juga memesan vaksin Novavax

Hasil Uji Coba Novavax Fase IIb di Afrika Selatan Segera DirilisMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan paparan saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Rapat tersebut membahas ketersediaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan tujuh jenis vaksin yang akan digunakan dalam program wajib vaksinasi, salah satu di antaranya adalah Novavax.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemerintah telah menandatangani perjanjian dengan Novavax untuk penyediaan 50 juta dosis vaksin bagi Indonesia.
 
Perusahaan farmasi yang berbasis di Negeri Paman Sam ini mengembangkan vaksin corona dari protein yang direkayasa secara genetik dengan teknologi nanopartikel. Pada uji klinis awal, NVX-CoV2373 mampu memproduksi antibodi dalam jumlah besar.

Baca Juga: Bio Farma akan Datangkan 30 Juta Dosis Vasin COVID-19 dari Novavax  

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya