India Laporkan 45 Ribu Kasus Infeksi Jamur Hitam, 4.200 Meninggal

Jamur hitam ditetapkan sebagai epidemi di India sejak Mei

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan India mencatat lebih dari 45 ribu orang terinfeksi penyakit jamur hitam yang mematikan selama dua bulan terakhir. Penyakit ini memperburuk situasi kesehatan di India yang sedang luluh lantak akibat pandemik COVID-19.

Menteri Kesehatan Muda India, Bharati Pravin Pawar, mengatakan kepada parlemen pada Selasa (20/7/2021) bahwa lebih dari 4.200 orang telah meninggal karena jamur yang memiliki nama ilmiah mucormycosis, sebagaimana dilaporkan Channel News Asia.

Baca Juga: PM India Dijadwalkan Bertemu dengan Pejabat Kashmir Pro-India

1. Terjadi lonjakan infeksi jamur hitam akibat COVID-19

India Laporkan 45 Ribu Kasus Infeksi Jamur Hitam, 4.200 MeninggalSeorang pasien dengan gangguan pernapasan berbaring di dalam mobil sambil menunggu untuk masuk rumah sakit COVID-19 untuk perawatan, di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19), di Ahmedabad, India, Kamis (22/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave

Infeksi jamur hitam sebelumnya sangat jarang terjadi. Namun, kasus ini membengkak selama pandemik dan kebanyakan menjangkit pasien setelah pemulihan dari COVID-19.

Jamur hitam adalah penyakit yang sangat agresif. Dalam penanganannya, ahli bedah terpaksa untuk menghilangkan mata, hidung, dan rahang pasien demi menghentikan penyebaran ke otak. Angka kematiannya lebih dari 50 persen.

Baca Juga: India Instruksikan Hapus Konten soal COVID-19 Varian India

2. Umumnya hanya 20 orang yang terinfeksi jamur hitam setiap tahun

India Laporkan 45 Ribu Kasus Infeksi Jamur Hitam, 4.200 MeninggalPetugas medis melakukan tes usap (swab) dari seorang pria di tengah penyebaran virus corona (COVID-19), di pusat uji, di New Delhi, India, Jumat (9/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Anushree Fadnavis)

Menurut data pemerintah India, jumlah kasus tertinggi dilaporkan di negara bagian barat Maharashtra, yaitu 9.348 kasus.

India hanya menangani rata-rata 20 kasus per tahun sebelum pandemik, hanya orang dengan kekebalan tubuh buruk yang akan terinfeksi penyakit ini, termasuk mereka yang memiliki catatan kadar gula tinggi, HIV, atau penerima transplantasi organ.

Para ahli mengaitkan peningkatan baru-baru ini dengan penggunaan steroid yang berlebihan untuk mengobati COVID-19.

3. Jamur hitam ditetapkan sebagai epidemi pada Mei lalu

India Laporkan 45 Ribu Kasus Infeksi Jamur Hitam, 4.200 MeninggalSeorang pria dengan masalah pernapasan menerima bantuan oksigen secara gratis di mobilnya di Gurudwara (kuil Sikh), ditengah mewabahnya virus corona (COVID-19), di Ghaziabad, India, Sabtu (24/4/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui

Pemerintah India menyatakan jamur itu sebagai epidemi pada bulan Mei, ketika kasus melonjak dan media sosial dibanjiri dengan pernyataan putus asa, yang memohon obat-obatan untuk mengobati penyakit tersebut.

Data terbaru pemerintah, yang diajukan kepada parlemen pada Selasa, menunjukkan jumlah infeksi memuncak selama Mei dan Juni, kemudian sempat menurun secara substansial.

Namun, surat kabar Hindustan Times melaporkan bahwa telah terjadi peningkatan kasus di antara anak-anak di negara bagian Rajasthan di utara

Baca Juga: Kasus COVID-19 Melonjak, Peminat Plasma Konvalesen Antre 4 Ribu Orang 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya