Indonesia Terpilih Lagi Jadi Anggota Dewan IMO 2022-2023

Indonesia memperoleh dukungan 127 suara

Jakarta, IDN Times - Indonesia terpilih lagi menjadi anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C. Dilaporkan dari laman resmi Kementerian Luar Negeri, Indonesia akan menjadi anggota Dewan IMO untuk periode 2022-2023.

Pada pemilihan yang berlangsung di sela-sela IMO Assembly ke-32, Indonesia berhasil memperoleh dukungan 127 suara. Indonesia menempati urutan ketujuh, dari 27 negara kandidat yang mencalonkan diri untuk mengisi 20 kursi anggota Dewan IMO Kategori C.

1. Indonesia siap atasi segala tantangan setelah terpilih

Indonesia Terpilih Lagi Jadi Anggota Dewan IMO 2022-2023Desra Percaya (ANTARA/HO-Kemlu RI)

Dalam pertemuan yang berlangsung terbatas, Duta Besar Republik Indonesia di London, Desra Percaya, mewakili Indonesia dalam pemeilihan melalui mekanisme secret ballot. Sementara delegasi Indonesia lainnya mengikuti pemilihan secara virtual.

“Alhamdulillah, Indonesia berhasil terpilih kembali sebagai anggota Dewan IMO periode 2022-2023. Meskipun banyak tantangannya, terutama karena sulitnya penggalangan fisik, Indonesia dapat terpilih dengan dukungan perwakilan RI di seluruh negara anggota IMO, dan strategi saling dukung, serta dukungan rekan-rekan di Kemenhub", ujar Dirjen Kerja Sama Multilateral Kemlu, Febrian Ruddyard.

Baca Juga: 3 Keuntungan Kemenhub Jadi Dewan Anggota IMO 

2. Indonesia punya peran tentukan kebijakan IMO

Indonesia Terpilih Lagi Jadi Anggota Dewan IMO 2022-2023Duta Besar untuk Inggris Raya dan Irlandia sekaligus Wakil Tetap RI untuk IMO, Desra Percaya. ANTARA/HO-KBRI London.

Terpilihnya Indonesia sebagai anggota Dewan IMO Kategori C periode 2022-2023 menunjukan pengakuan dunia atas eksistensi Indonesia di sektor maritim Internasional. Sebagai anggota Dewan IMO, Indonesia mendapat kesempatan untuk berperan aktif menentukan kebijakan-kebijakan IMO yang sangat berpengaruh pada dunia kemaritiman.

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah perairan yang sangat luas, keanggotaan Indonesia pada IMO dapat dimanfaatkan untuk mendukung terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran internasional.

3. Tiga kategori anggota dewan IMO

Indonesia Terpilih Lagi Jadi Anggota Dewan IMO 2022-2023Voting untuk pemilihan Dewan Anggota IMO 2022-2023 (Dok. Kemlu)

IMO merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mereka bertanggung jawab atas keselamatan, keamanan pelayaran, dan pencegahan pencemaran laut oleh kapal.

Dewan IMO merupakan organ eksekutif organisasi yang bertanggung jawab mengawasi kerja dan kinerja organisasi. Dewan dipilih untuk jangka waktu dua tahun.

Terdapat tiga kategori anggota Dewan IMO yaitu Kategori A, B dan C. Anggota Dewan pada Kategori A merupakan 10 negara anggota dengan armada terbesar. Kategori B merupakan 10 negara dengan kepentingan terbesar dalam penggunaan jasa pelayaran.

Kategori C adalah  20 negara yang tidak termasuk dalam anggota kategori A dan B, namun memiliki kepentingan khusus dalam transportasi laut atau navigasi dan yang pemilihannya ke dalam anggota Dewan akan memastikan keterwakilan semua daerah geografis utama di dunia.

Baca Juga: Tak Cuma Poros Maritim, RI Juga Pencetak Pelaut Terbesar di Dunia!

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya