Comscore Tracker

Kedubes AS Lepas 24 Pemuda Papua Belajar di Universitas Rhode Island

Para pemuda Papua itu akan berangkat ke AS pada akhir juni

Jakarta, IDN Times - Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Heather Variava, melepas keberangkatan 24 pelajar dari Provinsi Papua penerima beasiswa otonomi khusus untuk mengenyam pendidikan di Negeri Paman Sam, pada Kamis (17/6/2021).

Acara itu turut dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Papua Aryoko A.F. Rumaropen, mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe.

Pelepasan ini menandai kelanjutan kerja sama jangka panjang antara University of Rhode Island dan Pemerintah Provinsi Papua, demi memberikan kesempatan bagi pemuda di Indonesia Timur untuk memperoleh gelar akademis di AS.

Baca Juga: Setia NKRI, Suku di Papua Barat Serahkan Bendera Bintang Kejora ke TNI

1. Diharapkan menjadi percontohan bagaimana institusi AS tingkatkan kualitas SDM Indonesia

Kedubes AS Lepas 24 Pemuda Papua Belajar di Universitas Rhode Island(Dok. IDN Times/Istimewa)

Pada kesempatan itu, Variava mengucapkan terima kasih atas komitmen pihak-pihak terkait, termasuk Gubernur Papua, Presiden Universitas Rhode Island, dan Direktur Pendidikan dan Kemitraan Bisnis untuk Asia.

Menurut Variava, kemitraan ini merupakan contoh bagaimana institusi pendidikan di AS dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di seluruh pelosok Nusantara.

2. Sebanyak 24 pemuda akan berangkat ke AS pada akhir juni

Kedubes AS Lepas 24 Pemuda Papua Belajar di Universitas Rhode IslandIlustrasi mahasiswa Universitas Rhode Island (Instagram/@universityofri)

Tahun lalu, 35 penerima beasiswa telah terpilih untuk melanjutkan studi di Universitas Rhode Island. Namun, karena pandemik COVID-19, para siswa tersebut tidak dapat melakukan perjalanan ke Rhode Island untuk awal tahun ajaran 2020-2021.

Bekerja sama dengan LSM Papua Language Institute dan mitra pendidikan di AS, otoritas Negeri Paman Sam meluncurkan program pendidikan campuran (hybrid), yaitu pengajaran yang mencampurkan metode tatap muka dengan daring. Tujuan program tersebut adalah memberi dukungan akademik dan membantu memastikan siswa-siswi dapat melanjutkan studinya ke AS ketika kondisi membaik.  

Pada Januari 2021, 10 penerima beasiswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Universitas Rhode Island, untuk memulai pembelajaran di musim semi secara langsung. Sekitar 22 mahasiswa sarjana dan 2 mahasiswa pascasarjana dijadwalkan untuk berangkat ke Rhode Island di akhir Juni 2021.

3. Mereka akan diberi pembekalan bahasa sebelum kuliah

Kedubes AS Lepas 24 Pemuda Papua Belajar di Universitas Rhode Island(Dok. IDN Times/Istimewa)

Mereka pertama-tama akan melakukan perjalanan ke Universitas Johnson & Wales di Providence, Rhode Island untuk belajar Bahasa Inggris dan budaya Amerika selama satu semester di musim panas.

Beberapa siswa kemudian akan melanjutkan studi  musim gugur di Universitas Rhode Island sebagai mahasiswa tahun kedua, sementara yang lain akan terdaftar dalam program gelar Associate di Highline College sebelum kemudian melanjutkan ke Universitas Rhode Island atau Universitas Johnson & Wales.

“Pertukaran pelajar ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat,” ungkap Heather Variava dalam pidatonya saat melepas keberangkatan pelajar Papua di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta. 

Baca Juga: Bertemu MRP, Mahfud MD: Masalah Papua Tak Diselesaikan dengan Senjata

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya