Comscore Tracker

Kedubes India Luncurkan Buku Kesamaan, Potret Kemesraan dengan RI

Berikut tautan untuk mengunduh e-book kesamaan

Jakarta, IDN Times – Kedutaan Besar India di Jakarta meluncurkan buku berjudul “Kesamaan, India-Indonesia: The Next Step” pada Selasa (30/11/2021). Buku itu diterbitkan di tengah hubungan Jakarta-New Delhi yang semakin erat sekaligus memperingati 75 tahun kemerdekaan India.

Acara peresmian yang berlangsung di Hotel JW Marriott dihadiri Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti, Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar India Basir Ahmad, Duta Besar Indonesia untuk India yang baru dilantik Ina Hagniningtyas Krisnamurthi, Ilham A Habibie sebagai tamu kehormatan, serta sambutan melalui video juga diberikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

“Kita perlu menginformasikan kepada masyarakat tentang pentingnya dan betapa potensialnya hubungan India-Indonesia. Kita harus memiliki strategi untuk menginformasikan hal itu kepada seluruh elemen masyarakat. Dan buku ini merupakan penanda arah untuk strategi tersebut,” kata Manoj saat memberikan sambutan.

1. Isi dari buku Kesamaan secara umum

Kedubes India Luncurkan Buku Kesamaan, Potret Kemesraan dengan RIAcara peresmian buku Kesamaan, India-Indonesia: The Next Step di Hotel JW Marriott (Dok. Kedutaan India)

Secara umum, buku Kesamaan merangkum berbagai pandangan stakeholders tentang hubungan India-Indonesia. Ide besar yang diangkat dalam buku ini adalah kedua negara tidak hanya memiliki banyak persamaan, tapi juga memiliki banyak perbedaan yang justru semakin merekatkan hubungan.

“Buku ini semakin bermanfaat dengan kearifan kolektif dari lebih 90 pemimpin sosial, politik, birokrasi, dan bisnis yang dengan antusias berbagi pandangan, pemikiran, dan ide mereka, menciptakan narasi yang dapat divisualisasikan oleh generasi mendatang, diterjemahkan ke dalam tindakan, dan diwujudkan realitas,” kata Sachin V Gopalan selaku penerbit dari PT Chairos International Ventures.

“Dalam 25 tahun ke depan, seiring India-Indonesia ‘menari’ bersama menuju lima ekonomi teratas dunia, buku ini diharapkan menjadi ‘koreografi’ yang sangat dibutuhkan untuk sinkronisasi dan kolaborasi,” tambah dia.

Baca Juga: Sandiaga: Banyak Wisatawan India Ingin Kunjungi Indonesia Akhir Tahun

2. Memotret peran penting India-Indonesia di masa kini

Kedubes India Luncurkan Buku Kesamaan, Potret Kemesraan dengan RIDubes India untuk Indonesia, Manoj Kumar Bharti, dalam acara peresmian buku Kesamaan, India-Indonesia: The Next Step di Hotel JW Marriott (Dok. Kedutaan India)

Indonesia dan India merupakan dua entitas yang disebut sebagai negara demokrasi terbesar di dunia. Presidensi Indonesia di G20 yang akan berlangsung mulai tahun ini akan dilanjutkan oleh India pada periode berikutnya.

Kedekatan juga tercermin dari nilai perdagangan antara kedua negara, yang mencapai 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp286 triliun pada 2019-2020. India-Indonesia juga sepakat untuk mencapai target 50 miliar dolar AS atau sekitar Rp716 triliun pada 2025.

“Abad 21 telah melihat realitas baru. ‘Abad Asia’ menyoroti peran negara-negara seperti kita, India dan Indonesia, dengan populasi besar dan sumber daya manusia muda yang tinggi, dalam mendorong ekonomi dunia ke depan. Pemikiran ini telah mendorong kami untuk menerbitkan Kesamaan, yang menyoroti langkah ke depan untuk membawa hubungan India-Indonesia ke tingkat berikutnya,” tutur Manoj.

"Poin pentingnya adalah kita harus menerjemahkan hubungan dan kedekatan India-Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat," sambungnya. 

3. Hubungan bilteral harus bisa ditingkatkan demi kesejahteraan rakyat

Kedubes India Luncurkan Buku Kesamaan, Potret Kemesraan dengan RIIlham A Habibie dalam acara peresmian buku Kesamaan, India-Indonesia: The Next Step di Hotel JW Marriott (Dok. Kedutaan India)

Pada kesempatan yang sama, Ilham Habibie yang mewakili Chief Executive, National ICT Council, turut memberikan sambutan. Dia berharap hubungan bilateral kedua negara bisa menghapus segala hambatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang lebih baik.

“Kita perlu menurunkan hambatan teknologi agar masyarakat tidak takut untuk belajar tentang Teknologi dan dapat berpartisipasi dalam dunia Industri 4.0 yang terbuka di depan kita. Di sinilah Indonesia dan India dapat berkolaborasi untuk bekerja sama dan mempromosikan literasi digital di tingkat akar rumput,” terang dia.

Bagi kalian yang ingin membaca dan mengunduh buku ini, silahkan mengaksesnya melalui laman Kedutaan Besar India Jakarta www.indianembassyjakarta.gov.in.

Baca Juga: Catat Guys, 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui soal G20

Topic:

  • Vanny El Rahman
  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya