Kisah Adibe Ahmed, Warga Ethiopia yang Ingin Punya Rumah di Indonesia

Adibe menikahi perempuan asal Indonesia

Jakarta, IDN Times - Adibe Abdella Ahmed dari Ethiopia dan Shinta Simawang dari Indonesia adalah dua anak muda yang kini menjadi pasangan suami-istri. Tuhan telah menganugerahi mereka seorang anak.
 
Muda-mudi yang menikah pada 2019 itu, kini bermukim di Addis Ababa, ibu kota Ethiopia.  
 
“Menurut catatan kami, Adibe adalah pemuda kedua Ethiopia yang menikah dengan orang Indonesia,” kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Ethiopia Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Polisi Tangkap 3 Orang yang Loloskan WNI dari India Tanpa Karantina

1. Merindukan suasana berpuasa di Indonesia

Kisah Adibe Ahmed, Warga Ethiopia yang Ingin Punya Rumah di IndonesiaWarga Ethiopia Adibe Abdella Ahmad dan istrinya yang berasal dari Indonesia (Dok. IDN Times/Istimewa)

Ketika berbincang dengan Al Busyra, Adibe menuturkan betapa merindunya dia dengan suasana Ramadan di Indonesia. Keduanya berbincang ketika KBRI Addis Ababa menggelar buka puasa dan salat tarawih bersama masyarakat Indonesia pada Sabtu, 24 April 2021.
 
“Ketika Ramadan di Indonesia, saya sering berbuka dan salat tarawih di masjid yang terletak di kawasan Bintaro Jaya sektor sembilan, Tangerang Selatan. Anak-anak selalu ramai mendatangi saya untuk berbincang-bincang setelah salat tarawih,” kenang Adibe ketika masih mengampu pendidikan di Jakarta.

2. Ingin membangun rumah di Indonesia

Kisah Adibe Ahmed, Warga Ethiopia yang Ingin Punya Rumah di IndonesiaDuta Besar Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur bersama Adibe Abdella Ahmad dan istrinya (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kecintaan Adibe terhadap bumi Nusantara tercermin melalui keinginannya untuk mendirikan rumah di Indonesia.
 
“Saya juga berkeinginan untuk membangun rumah di Jakarta nanti, dan tinggal di sana bersama keluarga saya,” tambah Adibe, yang saat ini bekerja sebagai pengusaha dan memiliki beberapa perusahaan terkemuka di Addis Ababa. 

3. Adibe memperoleh beasiswa dari pemerintah Indonesia

Kisah Adibe Ahmed, Warga Ethiopia yang Ingin Punya Rumah di IndonesiaDuta Besar Republik Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur bersama Adibe Abdella Ahmad dan istrinya (Dok. IDN Times/Istimewa)

Adibe adalah alumnus program Darmasiswa Indonesia 2018, yaitu beasiswa yang diberikan pemerintah Indonesia kepada mahasiswa dari berbagai negara sahabat. Sementara, Shinta bekerja di perguruan tinggi tempat Adibe kuliah, di Jakarta. Di kampus itulah cinta mereka bersemi dan kemudian memutuskan menikah.
 
Adibe dan Shinta sangat aktif mengikuti serta berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan KBRI Addis Ababa.
 
“Orang pertama Ethiopia yang menikah dengan warga Indonesia adalah Alemayehu Zewdie Biwota, yang menikah dengan Savitri Ari Ernaningtyas pada akhir 1990-an. Mereka bermukim di Kota Hawassa, 270 km selatan Addis Ababa, dan dikaruniai dua anak,” tutup Al Busyra.

Baca Juga: 5 Kisah Imam Muslim, Ulama Hadis yang Gemar Bepergian untuk Belajar 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya