Kondisi Mahathir Mohammad Membaik, Bisa Bicara secara Sadar

Mahathir sudah bisa berkomunikasi dengan keluarga

Jakarta, IDN Times – Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, kondisinya dikabarkan membaik setelah menjalani perawatan jantung di Institut Jantung Negara (IJN). Putrinya menginformasikan bahwa sang ayah yang berusia 96 tahun itu mampu berkomunikasi dengan keluarga.

“Kami sebagai keluarga sudah berinteraksi dengannya. Keluarga mengucapkan terima kasih untuk semua yang telah mendoakan kesembuhan Tun Mahathir,” kata Marina Mahathir, putri dari mantan PM Malaysia terlama, pada Minggu (23/1/2022), dikutip dari The Straits Times.

Utusan, surat kabar di Malaysia, juga memperoleh informasi dari ‘sumber terdekat’ keluarga tentang kondisi Mahathir yang dikabarkan stabil dan dapat berbicara dengan sadar.

Baca Juga: 5 Fakta Mahathir Mohamad, Eks PM Malaysia yang Sakit Jantung

1. Sekilas tentang riwayat penyakit jantung Mahathir

Kondisi Mahathir Mohammad Membaik, Bisa Bicara secara SadarEks PM Mahathir Mohamad (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Kemudian, Marina meminta masyarakat untuk mengabaikan segala rumor yang belum terverifikasi terkait kesehatan ayahnya. Sebagai informasi, Mahathir telah mendapat perawatan di IJN untuk ketiga kalinya pada Sabtu (22/1/2022). Pada awal Januari dia juga sempat dirawat selama 2 hari.  

Pihak keluarga atau juru bicara Mahathir tidak merinci tentang penyakit apa yang dia derita. Namun, Mahathir diketahui memiliki riwayat penyakit jantung dan telah menderita tiga kali serangan jantung, pada 1989,2006, dan 2007. Pada Desemer tahun lalu, dia juga sempat dilarikan ke rumah sakit dan pada 2018 dia menderita infeksi dada.

Baca Juga: Eks PM Malaysia Mahathir Mohamad Kembali Dilarikan ke RS Jantung

2. Warga Malaysia diminta untuk tidak menyebarkan kabar bohong

Kondisi Mahathir Mohammad Membaik, Bisa Bicara secara SadarIlustrasi hoaks (IDN Times/Sukma Shakti)

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob sempat mengunjungi Mahathir di rumah sakit pada Sabtu malam. Hal itu ternyata memunculkan kabar angin soal kondisi Mahathir dalam keadaan kritis.

Menteri Komunikasi dan Multimedia, Annuar Musa, telah mendesak masyarakat untuk tidak berspekulasi tentang kesehatan Mahathir.

"Kami meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan berita tentang kondisi Tun M, kecuali yang berasal dari keluarga atau rumah sakit resmi. Hormati situasi keluarga saat ini," cuitnya di Twitter, Minggu (23/1).

Sejak Sabtu, media berkumpul di luar IJN dengan harapan mendapat kabar terbaru tentang kondisinya.

Baca Juga: Mantan PM Mahathir: Umat Muslim Punya Hak Marah Terhadap Prancis

3. Raja Malaysia juga sedang dirawat di rumah sakit

Kondisi Mahathir Mohammad Membaik, Bisa Bicara secara SadarRaja Malaysia Sultan Abdullah Riayatuddin Al-Mustafa Billah Shah (Kantor berita Anadolu)

Dalam perkembangan terpisah, Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah juga dirawat di IJN pada Sabtu untuk pemeriksaan dan perawatan pada lutut serta pergelangan kakinya. Istana Nasional mengabarkan, Raja akan berada di rumah sakit selama beberapa hari karena cedera yang dia alami saat olahraga sejak September 2020.

“Pengobatan lanjutan ini tertunda dari tanggal tersebut karena penerapan prosedur operasi standar COVID-19 di rumah sakit umum, termasuk IJN. Pada saat yang sama, Yang Mulia juga setuju untuk menjalani pemeriksaan pernapasan di IJN,” kata Royal Comptroller, Fadil Syamsuddin.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Bugis pada Silsilah Raja Malaysia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya