Korut Pamerkan Rudal Terbesar, Kim Jong Un: Alutsista Kelas Dunia

Kim Jong Un tidak percaya dengan ajakan dialog AS

Jakarta, IDN Times - Korea Utara (Korut) memamerkan salah satu rudal terbesarnya di sebuah acara. Hal ini dilakukan bersamaan dengan komentar pemimpin Kim Jong Un yang tidak mempercayai seruan Amerika Serikat (AS) untuk melakukan dialog.

Aksi militer Pyongyang baru-baru ini, termasuk pengujian rudal jelajah jarak jauh, memperlihatkan hasrat Kim Jong Un untuk mengembangkan senjata yang lebih canggih dan beragam. Tindakan tersebut mendapat respons dari Korea Selatan (Korsel) dan aliansinya, seperti AS dan Jepang.

“Baru-baru ini, Amerika Serikat sering mengirimkan sinyal bahwa ia tidak memusuhi negara kita. Tetapi, perilakunya tidak memberi kita alasan mengapa kita harus mempercayainya,” kata Kim, dalam pidatonya di pameran pertahanan nasional yang digelar pada Senin (11/10/2021), dikutip dari The Wall Street Journal.

Baca Juga: Kim Jong Un Terlihat Lebih Kurus, Warga Korut Gelisah 

1. Kim singgung Korsel yang terus mengembangkan senjata

Korut Pamerkan Rudal Terbesar, Kim Jong Un: Alutsista Kelas DuniaANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Kim berbicara di podium yang dikelilingi dengan rudal untuk kapal selam, peluncur roket dan rudal balistik antarbenua. Dia memuji para ilmuwan Korut atas upayanya membangun senjata, yang dia sebut, dengan kemampuan kelas dunia.

Foto-foto dari pertunjukan pertahanan di Pyongyang menunjukkan rudal dengan ujung yang lebih datar, tipikal rudal hipersonik.

Kim mengatakan bahwa Pyongyang akan terus mengembangkan persenjataannya, demi menghadapi ancaman dari AS dan Korsel, yang baru-baru ini menguji coba rudal peluncuran kapal selam pertamanya.

“Korea Selatan tidak ragu-ragu, dalam beberapa kesempatan, untuk mengungkapkan ambisinya mengamankan supremasi militer atas kami dengan alasan yang tidak masuk akal, untuk menghalangi ancaman dari kami,” ujar Kim.

Baca Juga: Kim Jong Un Mau Relasi Korea Utara-Tiongkok Makin Mesra Saat Pandemik

2. Uji coba rudal memperburuk prospek dialog

Korut Pamerkan Rudal Terbesar, Kim Jong Un: Alutsista Kelas DuniaKorea Utara telah meluncurkan uji coba rudal proyektil taktis tipe terbaru pada hari Kamis, 25 Maret 2021, waktu setempat. (Twitter.com/lourensantsigma)

Uji coba rudal Korut baru-baru semakin menyuramkan prospek untuk beralih ke dialog dengan pemerintahan Joe Biden, yang mengatakan pihaknya bersedia mengadakan pembicaraan kapan saja dengan Pyongyang.

Dalam sebulan terakhir, Korut telah menguji sekitar setengah lusin rudalnya, termasuk rudal anti-pesawat baru, dua rudal balistik yang diluncurkan dari gerbong kereta api, dan apa yang disebut sebagai rudal hipersonik pertamanya.

Senjata semacam itu dapat terbang sekitar lima kali kecepatan suara, membuatnya jauh lebih sulit untuk dideteksi dan tidak mudah dihancurkan oleh sebagian besar sistem pertahanan.

Selain uji coba rudal, Korut tampaknya telah memulai kembali produksi plutoniumnya, yang kemungkinan digunakan untuk mengambangkan senjata nuklir, demikian laporan Badan Energi Atom Internasional awal tahun ini.

Baca Juga: Presiden Korsel Serukan Deklarasi Damai dengan Korut di Forum PBB

3. Walau krisis ekonomi, Korut tetap ingin memperkuat kemampuan militernya

Korut Pamerkan Rudal Terbesar, Kim Jong Un: Alutsista Kelas DuniaSeorang kritikus dari Korea Utara mengecam Amerika Serikat telah menerapkan standar ganda saat berusaha melarang Korea Utara dalam mengembangkan rudal balistik. (Twitter.com/CFTNI)

Kim juga mengkritik koordinasi militer antara AS dan Korea Selatan, termasuk latihan bersama, yang sering digambarkan Korut sebagai hambatan untuk berdialog.

Pada saat yang sama, Kim juga mengakui situasi ekonomi domestik yang sedang sulit. Kendati begitu, dia tetap mempertagas salah satu tujuan peningkatan ekonominya adalah memperkuat pertahanan Korut.  

“Saya tekankan sekali lagi, ini adalah kebijakan dan tujuan prioritas partai kami, dan keinginan yang tak tergoyahkan untuk memiliki dan lebih jauh memperkuat kemampuan militer yang tidak akan berani ditantang oleh siapa pun,” kata Kim.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya