Kota Palu Diusulkan Jadi Role Model Pembangunan ASEAN Pasca-Tsunami

Di Palu telah berdiri Kampung ASEAN

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, mengatakan Kota Palu di Sulawesi Tengah diusulkan menjadi role model kota di Asia Tenggara untuk pemulihan pasca-bencana.

Sebagai informasi, di Palu telah berdiri Kampung ASEAN sebagai upaya memberikan hunian kepada para korban gempa bumi dan tsunami 2018. Kampung ASEAN berdiri dengan bantuan dari Brunei Darussalam, Filipina, dan Australia, yang dikoordinasikan AHA Centre.

Pada pertengahan 2021, Kampung ASEAN yang berdiri di Kompleks Huntap Tondo telah memiliki 100 unit hunian, 1 masjid, dan 1 unit pusat pelayanan kesehatan masyarakat.

“Sekjen mengusulkan ASEAN dapat mereplikasi model Desa Palu di Indonesia pada tahap pemulihan untuk masyarakat lokal pascabencana,” kata Retno pada konferensi pers usai menghadiri retreat Menteri Luar Negeri ASEAN, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga: Menlu Retno: Krisis Myanmar Ujian Kredibilitas ASEAN

1. Dana ASEAN Response Fund telah terkumpul 30 juta dolar AS

Kota Palu Diusulkan Jadi Role Model Pembangunan ASEAN Pasca-TsunamiMenteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika berkomunikasi dengan Menlu UEA (www.twitter.com/@Menlu_RI)

Pertemuan yang dihelat di Phnom Penh itu tercatat sebagai retreat Menteri Luar Negeri pertama di bawah naungan Kamboja sebagai Sekjen ASEAN. Harusnya retreat berlangsung pada Januari 2022, namun pertemuan baru terlaksana pada Februari karena sejumlah kendala.

Pada saat yang sama, Sekjen ASEAN menginformasikan soal dana yang terkumpul di bawah COVID-19 ASEAN Response Fund telah mencapai 30 juta dolar AS atau setara Rp429 miliar dari 22 negara. Dana tersebut salah satu manfaatnya akan digunakan untuk membeli vaksin dan disebarkan ke seluruh negara Asia Tenggara.

“Penyaluran vaksin diperkirakan paling lambat kuartal kedua 2022,” kata Retno.  

2. Menlu Retno dorong optimalisasi ATCAF

Kota Palu Diusulkan Jadi Role Model Pembangunan ASEAN Pasca-TsunamiMenlu Retno Marsudi (Dokumentasi Kemenlu)

Sekjen ASEAN juga mendorong agar seluruh negara anggota mengimplementasikan kesepakatan terkait penanganan pandemik COVID-19, serta pemulihan ekonomi kawasan pascapandemik.

“(Termasuk) operasionalisasi ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework (ATCAF) untuk memfasilitasi pergerakan dan aktivitas yang aman,” ujar Retno.

“Saya sampaikan mengenai lambatnya implementasi ATCAF. Untuk itu, Indonesia mendorong percepatan implementasi ACTAF, baik melalui kesepakatan bilateral maupun pembukaan menyeluruh perbatasan dengan protokol kesehatan yang ketat. Dan semua Menlu ASEAN sepakat mengenai pentingnya implementasi ATCAF ini,” sambung dia.

Baca Juga: Pertemuan Pertama Pemimpin ASEAN, Jokowi Hadiri ASEAN Leaders Meeting

3. RCEP Asia Tenggara diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi

Kota Palu Diusulkan Jadi Role Model Pembangunan ASEAN Pasca-Tsunamiilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times)

Pada retreat tersebut, ada lima agenda, yaitu:

  • Tindak lanjut KTT 38 dan 39 ASEAN.
  • Isu terkait hubungan dengan negara lain atau external relations.
  • Prioritas Keketuaan Kamboja.
  • Isu kawasan dan internasional.
  • Other matters/isu lainnya.

Salah satu dukungan Indonesia demi pemulihan ekonomi pascapandemik, adalah optimalisasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) yang mulai berlaku pada 1 Januari 2022.

“Diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi di kawasan,” ungkap Retno.

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya