Menteri Pertahanan Kolombia Meninggal Dunia Akibat Komplikasi COVID-19

Trujillo selama ini aktif memerangi geng narkoba

Jakarta, IDN Times- Menteri Pertahanan Kolombia, Carlos Holmes Trujillo, meninggal dunia akibat komplikasi virus corona pada Selasa (26/1/2021). Trujillo selama ini berada di garda terdepan dalam memerangi geng narkoba dan kelompok gerilyawan.
 
Lelaki berusia 69 tahun itu menambah catatan panjang pejabat tinggi negara yang meninggal akibat COVID-19. Kementerian Pertahanan merilis keterangan pers, dia sempat dirawat di rumah sakit di Bogota pada 11 Januari, kemudian menjalani perawatan intensif selama empat hari karena penurunan fungsi paru-paru akut.

1. Kolombia tetapkan hari berkabung tiga hari

Menteri Pertahanan Kolombia Meninggal Dunia Akibat Komplikasi COVID-19(Twitter/CarlosHolmesTru)

Presiden Kolombia Ivan Duque menetapkan tiga hari berkabung nasional untuk mengenang kematian Trujillo dan korban virus corona lainnya.

"Terima kasih teman, terima kasih partner, terima kasih menteri, terima kasih @CarlosHolmesTru. ​​Hidup Anda adalah cerminan paling murni dari panggilan dan layanan publik," tulis Duque melalui akun Twitter-nya.

Baca Juga: Kolombia Kembali Lockdown Terkait Varian Baru COVID-19

2. Sepak terjang Trujillo

Menteri Pertahanan Kolombia Meninggal Dunia Akibat Komplikasi COVID-19(Twitter/CarlosHolmesTru)

Dilansir dari Channel News Asia, Trujillo yang lahir di Cali telah melayani enam masa pemerintahan sejak 1990, sebagai menteri dalam negeri dan pendidikan, serta beberapa kali diangkat sebagai duta besar. Setelah gagal mencalonkan diri sebagai presiden, ia diangkat sebagai menteri luar negeri di era Duque pada 2018.
 
Dia kemudian menjabat sebagai menteri pertahanan setelah pengunduran diri Guillermo Botero pada 2019, yang dituduh berusaha menutupi kematian anak-anak dalam serangan udara militer terhadap geng narkoba.
 
Pada 2016, Trujillo merupakan sosok penting yang mewujudkan perjanjian damai antara pemerintah dengan gerilyawan bersenjata The Revolutionary Armed Forces of Colombia. Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Bogota juga menyampaikan belasungkawa atas kehilangan seorang patriot.
 
Biro Narkotika Internasional dan Urusan Penegakan Hukum AS menyebut Trujillo sebagai mitra yang sangat baik dalam misi untuk memperkuat hubungan AS-Kolombia. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) turut menyampaikan, pengabdian hebat yang ditunjukkan oleh Trujillo akan selalu dikenang.

3. Kondisi pandemik corona di Kolombia

Menteri Pertahanan Kolombia Meninggal Dunia Akibat Komplikasi COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dikutip dari data Worldometers per Rabu (27/1/2021), total kasus aktif corona di Kolombia mencapai 2 juta kasus, dengan 52 ribu kasus berujung kematian. Tren penambahan kasus harian juga belum menunjukkan tanda-tanda positif, dengan puncaknya pada 16 Januari 2021 yang mencapai 20.855 kasus positif dalam sehari.
 
Pada Desember 2020 lalu, Duque sempat mengumumkan rencana untuk memulai program vaksinasi nasional pada Februari setelah menandatangani komitmen persediaan vaksin dengan Pfizer. Namun, dilansir dari The Bogota Post, Kementerian Kesehatan Kolombia belum bisa memastikan kapan vaksinasi akan dimulai karena pemerintah belum membuat keputusan akhir dengan para produsen vaksin.

Baca Juga: Mengenal COVID Tongue, Bercak di Lidah yang Jadi Gejala Baru COVID-19

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya