Comscore Tracker

Pariwisata Thailand Dibuka Kembali, Mayoritas Warga Tolak Turis Asing

Warga khawatir turis asing membawa COVID-19

Jakarta, IDN Times – Survei terbaru di Thailand menunjukkan bahwa sebagian besar warganya menentang pembukaan kembali negara itu. Alasan utamanya adalah mereka khawatir turis akan membawa virus kemudian meningkatkan penularan dan masih banyak penduduk yang belum divaksinasi COVID-19.

Dikutip dari The Straits Times, jajak pendapat yang dilakukan oleh Universitas Suan Dusit Rajabhat itu melibatkan 1.392 responden dengan pertanyaan ‘bagaimana pendapat kalian tentang rencana Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha membuka negara itu bagi turis asing yang sudah divaksinasi penuh mulai 1 November 2021?'

Baca Juga: Thailand Berencana Hapus Karantina Turis yang Divaksinasi

1. Berikut detail seputar survei

Pariwisata Thailand Dibuka Kembali, Mayoritas Warga Tolak Turis AsingPotret Phuket Botanic Garden (Instagram.com/merenkovamariya)

Hasilnya, ternyata 59,86 persen responden menolak rencana tersbut. Semetara, 60,10 persen mengatakan bukan waktu yang tepat bagi Thailand untuk membuka kembali negara itu.

Responden juga mengatakan, Thailand bisa membuka pintunya bagi orang asing kalau 70 persen populasinya sudah divaksinasi, ambang batas untuk kekebalan komunal (herd immunity). Dengan kata lain, pemerintah telah berhasil mengendalikan COVID-19 dan fasilitas kesehatan siap menghadapi varian baru virus. Diketahui pula ternyata mayoritas karyawan serta pemilik bisnis ingin negara itu segera dibuka kembali.

Baca Juga: Catat! Ini 6 Restoran yang Wajib Dikunjungi saat ke Ayutthaya Thailand

2. Pembukaan kembali Thailand diprediksi memberi keuntungan hingga Rp5,6 triliun

Pariwisata Thailand Dibuka Kembali, Mayoritas Warga Tolak Turis AsingSalah satu keindahan pemandangan Phuket yang menarik banyak wisatawan asing. (Twitter.com/A Travel Companion)

Pusat Penelitian Kasikorn menyampaikan, pembukaan negara mulai 1 November akan menjadi titik balik untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi. Kesempatan itu bisa berhasil apabila jumlah kedatangan turis asing mencapai 64 persen.  

Lemaga itu juga memperkirakan, jumlah wisatawan mancanegara 2021 akan mencapai 180 ribu orang, 30 ribu lebih banyak dari jumlah perkiraaan awal, dengan prediksi pemasukan mencapai 13,5 miliar baht Thailand (sekitar Rp5,6 triliun).

Faktor utama yang menarik pengunjung ke Thailand adalah skema sandbox, yaitu skema wisata di Pulau Phuket sembari menghabiskan waktu karantina. Banyak wisatawan dari Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, dan Timur Tengah yang datang ke Thailand sejak skema sandbox diluncurkan.

3. Sekilas data pandemik dan vaksinasi di Thailand

Pariwisata Thailand Dibuka Kembali, Mayoritas Warga Tolak Turis AsingIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sejauh ini, ibu kota Bangkok telah memvaksinasi penuh lebih dari 65 persen populasinya, hanya sekitar 35 persen secara nasional yang sudah divaksinasi dua dosis.

Dikutip dari Worldometer, jumlah infeksi COVID-19 di Thailand mencapai 1,7 juta kasus dengan 18 ribu kasus kematian.

Sementara, berdasarkan Vaccine Tracker Bloomberg, baru 64 juta dosis vaksin yang telah didistribusikan kepada warga negara, dengan 52,7 persen populasi secara nasional telah menerima suntikan satu dosis.

Baca Juga: Baht Thailand: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya