Pasukan Taliban Hancurkan Sel ISIS-K setelah Ledakan Terjadi di Kabul

ISIS-K bersumpah akan terus memerangi Taliban

Jakarta, IDN Times – Pasukan Taliban menghancurkan sel ISIS di utara Kabul pada Minggu (3/10/2021) malam. Serangan dilakukan setelah terjadi ledakan di luar masjid pada hari yang sama di kawasan ibu kota Afghanistan, sebuah aksi yang menewaskan dan melukai sejumlah warga sipil.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan bahwa pasukan khusus Taliban melancarkan operasi terhadap elemen ISIS di distrik ke-17 Kabul, yang berlokasi di utara kota itu.

"Pangkalan ISIS hancur total dan semua anggota ISIS di dalamnya tewas akibat serangan yang tepat dan sukses ini," kata Mujahid melalui cuitannya di Twitter pada Senin (4/10/2021), dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: 10 Cabang ISIS di Berbagai Belahan Dunia Selain ISIS-K 

1. Belum ada konfirmasi soal keterlibatan ISIS pada serangan hari Minggu lalu

Pasukan Taliban Hancurkan Sel ISIS-K setelah Ledakan Terjadi di KabulIlustrasi kelompok ISIS (IDN Times/Arief Rahmat)

Belum ada konfirmasi apakah operasi Taliban terkait dengan ledakan yang terjadi pada hari Minggu. Serangan itu tercatat sebagai salah satu serangan paling serius di Kabul, sejak teror sebelum Amerika Serikat (AS) menarik pasukannya pada akhir Agustus lalu.

Afiliasi lokal ISIS, yang dikenal sebagai ISIS-Khorasan (ISIS-K), mengklaim telah mendalangi serangan ke target-target Taliban.

2. Taliban juga memerangi oposisi loyalis Ahmad Massoud

Pasukan Taliban Hancurkan Sel ISIS-K setelah Ledakan Terjadi di KabulAhmad Massoud anak dari pahlawan nasional Afghanistan, Ahmad Shah Massoud. twitter.com/Mohsood123

ISIS-K menyatakan tidak akan berdamai dengan Taliban, kelompok gerilyawan yang pada pertengahan Agustus lalu menaklukkan Kabul. Sebelumnya, media lokal melaporkan bentrokan hebat terjadi di daerah itu, dan penduduk yang dihubungi membenarkan bahwa mereka telah mendengar ledakan dan tembakan pada malam hari.

Selain ISIS-K, Taliban juga memerangi sisa-sisa pasukan yang setia kepada Ahmad Massoud, seorang pemimpin oposisi dari wilayah Panjhir di utara Kabul. Serangan kepada Taliban terjadi setelah kelompok itu mengatakan telah menguasai seluruh negeri.

Baca Juga: AS Peringatkan Ancaman Teroris ISIS-K di Afghanistan, Apa Itu?

3. ISIS mengklaim mendalangi sejumlah serangan di Afghanistan

Pasukan Taliban Hancurkan Sel ISIS-K setelah Ledakan Terjadi di KabulIlustrasi kelompok militan ISIS (IDN Times/Arief Rahmat)

Kekerasan dan serangkaian insiden kecil dalam beberapa hari terakhir juga terjadi di Nangarhar, perbatasan Pakistan, dan Parwan di utara Kabul. Aksi itu menandakan bahwa ancaman terhadap keamanan di Afghanistan belum menghilang. 

ISIS-K mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di kota timur, Jalalabad, yang menewaskan beberapa warga sipil. Namun, Taliban membantah bahwa sel ISIS-K dan Al Qaeda masih hidup di Afghanistan.  

Baca Juga: Akhir Kisah ISIS 'Beatles' usai Pengakuan Alexanda Kotey

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya