Comscore Tracker

Presiden Argentina Dihujat Rakyat Brasil dan Meksiko, Ini Sebabnya

Alberto Fernandez minta maaf karena sudah buat gaduh

Jakarta, IDN Times - Presiden Argentina Alberto Fernandez meminta maaf atas pernyataan rasial yang menghina masyarakat Brasil dan Meksiko. Keributan di dunia maya bermula ketika Fernandez memberi tahu Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, bahwa orang Meksiko berasal dari masyarakat adat, orang Brasil dari hutan, dan orang Argentina dari Eropa.  

Pernyataan itu seolah-olah memposisikan masyarakat Argentina sebagai satu-satunya penduduk yang paling beradab di kawasan Amerika Latin. Padahal, kata Fernandez, ungkapan yang diutarakan pada Rabu (9/6/2021) bermaksud untuk mengilustrasikan kedekatan Argentina dengan Spanyol.  

“Saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun. Bagaimanapun, siapa pun yang merasa tersinggung atau tidak terlihat, saya meminta maaf," kata Fernandez di Twitter.

“Pada paruh pertama abad ke-20 kami menerima lebih dari lima juta imigran yang tinggal bersama penduduk asli kami. Kami bangga dengan keragaman kami,” tambah dia, sebagaimana diberitakan Al Jazeera.

1. Apa tanggapan Brasil?

Presiden Argentina Dihujat Rakyat Brasil dan Meksiko, Ini SebabnyaPresiden Brasil Jair Bolsonaro (Twitter/@jairbolsonaro)

Menanggapi pernyataan Fernandez, pengguna media sosial di Brasil berkalakar bila Presiden Jair Bolsonaro akan senang hati membalas ungkapan rasial tersebut.

Bolsonaro kemudian mengunggah foto dirinya mengenakan penutup kepala khas masyarakat adat Brasil, sembari tersenyum di antara sekelompok orang pribumi. Satu-satunya teks dalam cuitan tersebut adalah “HUTAN” yang ditulis dengan huruf kapital dan bersanding dengan bendera Brasil.

Eduardo Bolsonaro, anggota kongres dan putra presiden Brasil, menyebut Fernandez sebagai seorang rasis dan berjanji akan membalas Argentina dengan sanksi ekonomi.

"Saya katakan kapal yang tenggelam adalah milik Argentina," tulisnya di Twitter, mengacu pada ungkapan Fernandez bahwa orang-orang Argentina datang dari Eropa menaiki kapal.

2. Apa tanggapan Meksiko?

Presiden Argentina Dihujat Rakyat Brasil dan Meksiko, Ini Sebabnyainstagram.com/albertofernandezfotos

Sementara itu, mantan Presiden Meksiko Felipe Calderon mempertanyakan keabsahan informasi yang diterima oleh Fernandez. Pasalnya, dia berdalih kalimat yang dia sampaikan pernah ditulis oleh Octavio Paz, sastrawan Meksiko peraih penghargaan Nobel.

“Itu bisa saja dikatakan oleh (pelawak Meksiko) Cantinflas, atau (komedian Argentina) Les Luthiers, tetapi Octavio Paz? Saya harap dia mengutip sumbernya," cuit Calderon.

Pengguna YouTube juga mengunggah balasan di bawah video pidato Fernandez, mengekspresikan kemarahan atau kegelisahan.

“Permisi, teman-teman Meksiko dan Brasil, atas nama semua orang Argentina, kami merasa sangat malu. Anda tahu betapa kami mencintai Anda, dan negara serta kebiasaan Anda,” kata seorang pengguna YouTube bernama Barbara Bongiovanni.

Baca Juga: Fakta-Fakta Gagalnya Brasil Tangani COVID-19, Gelombang 3 Membayangi

3. Apa yang sebenarnya diucapkan Fernandez?

Presiden Argentina Dihujat Rakyat Brasil dan Meksiko, Ini SebabnyaPresiden Argentina Alberto Fernandez dalam pidato kenegaraan di kediaman pribadinya yang terletak di pinggiran kota Buenos Aires, 8 April 2021. (Facebook.com/Alberto Fernández)

Dengan mengtup Paz, Fernandez bertutur kepada Sanchez, “orang-orang Meksiko datang dari orang India, orang Brasil datang dari hutan, tapi kami orang Argentina datang dari kapal. Dan itu adalah kapal yang datang dari Eropa.”

Dia juga mengatakan kepada Sanchez yang sedang berkunjung, “saya seorang Eropa. Saya adalah seseorang yang percaya pada Eropa.”
 
 
 

Baca Juga: Presiden Argentina Tuduh Mahkamah Agung Memihak Oposisi

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya