Comscore Tracker

RI Dapat 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS, Datang Hari Ini!

Dosis moderna digunakan sebagai booster untuk nakes

Jakarta, IDN Times -  Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Y Kim, mengumumkan kedatangan sebanyak 1,5 juta (1.500.100) dosis vaksin COVID-19 Moderna pemberian Washington melalui skema COVAX. Indonesia pada 11 Juli 2021 telah menerima 3 juta dosis vaksin, yang berarti donasi vaksin dari AS untuk Indonesia mencapai 4,5 juta dosis.

“Kami berupaya untuk memberikan sebanyak mungkin vaksin yang aman dan efektif, sehingga sebanyak mungkin orang Indonesia dapat divaksinasi dengan mungkin,” kata Kim melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (15/7/2021).

“AS akan berkontribusi untuk membantu mengakhiri pandemik ini dan membangun kembali dunia yang lebih siap untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons ancaman kesehatan di masa depan, agar semua orang dapat hidup dengan aman dan sehat,” tambah Kim.

Baca Juga: RI Terima 3,8 Juta Dosis Vaksin Gratis  AstraZeneca Melalui COVAX

1. AS juga berikan bantuan uang melalui GAVI

RI Dapat 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS, Datang Hari Ini!Ilustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain bantuan vaksin, Washington juga telah menyumbang sekitar 4 miliar dolar AS (Rp57,9 triliun) melalui skema Gavi, the Vaccine Alliance untuk COVAX.  

Kontribusi AS mendukung pembelian dan pengiriman vaksin COVID-19 untuk 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah, termasuk Indonesia. Dengan pengiriman terbaru ini, Indonesia telah menerima lebih dari 12,7 juta dosis melalui COVAX.

2. AS siapkan juga 80 juta vaksin bagi negara yang membutuhkan

RI Dapat 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS, Datang Hari Ini!Presiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden melambaikan tangan kepada wartawan sebelum masuk ke pesawat kampanye menjelang perjalanan menuju North Carolina, di Bandara Newscastle di Newcastle, Delaware, Amerika Serikat, Minggu (18/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner)

Selain itu, Presiden AS Joe Biden juga telah berkomitmen untuk menyediakan 80 juta vaksin COVID-19 yang aman dan efektif bagi negara-negara yang membutuhkan. Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang akan menerima pasokan tersebut.

Rencana Biden terkait 80 juta dosis vaksin adalah mendonasikannya sekitar 23 juta dosis untuk Asia, sebagai upaya untuk menjaga agar kawasan dan Indonesia tetap aman.

Baca Juga: Menkes: Vaksin Moderna untuk Masyarakat dan Booster Nakes

3. Bantuan AS untuk penanganan COVID-19 di Indonesia mencapai Rp521 miliar

RI Dapat 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna dari AS, Datang Hari Ini!Penyerahan bantuan ventilator dari AS ke Indonesia (Dok. Kemenlu)

Amerika Serikat juga memberi bantuan untuk penanganan COVID-19 Indonesia yang lebih luas. Hingga hari ini, Amerika Serikat telah menginvestasikan 36 juta dolar AS (Rp521 miliar) untuk mendukung meningkatkan pelayanan vaksinasi, mempercepat tes dan pelacakan, serta meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan.

Kontribusi AS mencakup lebih dari 1.000 ventilator yang saat ini digunakan di 600 rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia.

“Penting untuk terus diingat: Tidak ada satu orang pun yang aman hingga semua orang aman,” tutup Dubes Kim.

Baca Juga: AS Sumbang 4 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Indonesia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya